Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mark Zuckerberg Dapat Medali Emas di Turnamen Bela Diri Jiu Jitsu

Kompas.com - 09/05/2023, 12:07 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - CEO Meta dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mendapatkan medali emas dalam turnamen olahraga jiu jitsu pertamanya. 

Selain medali emas, pria yang akrab dipanggil Zuck ini juga membawa pulang medali perak untuk tim jiu jitsu-nya yang bernama Guerrilla Jiu Jitsu Team. 

Pencapaian ini disampaikan Zuckerberg dalam postingan Instagram terbarunya lewat akun resmi dengan handle @zuck. 

Melalui postingan ini juga, bos Meta itu turut membagikan beberapa foto yang menampilkan aksinya dalam turnamen jiu jitsu yang diselenggarakan di Woodside High School, Woodside, California, Amerika Serikat, Sabtu (6/5/2023) waktu setempat tersebut. 

Baca juga: Pendiri Facebook Dikaruniai Putri Ketiga, Namanya Aurelia Chan Zuckerberg

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

"Saya baru saja berkompetisi di turnamen jiu jitsu perdana saya dan berhasil memenangkan sejumlah medali untuk Guerrila Jiu Jitsu Team," tulis Zuckerberg, sebagaimana dikutip KompasTekno dari akun Instagram Zuckerberg, Selasa (9/5/2023).

"Terima kasih kepada pelatih-pelatih yang telah mengasah kemampuan saya!," tambah Zuck sembari menyebut (mention) akun Instagram tiga pelatih jiu jitsu-nya.

Suka jiu jitsu sejak pandemi Covid-19

Jiu jitsu adalah salah satu olahraga seni bela diri campuran (mixed martial arts) yang fokus di pertarungan di atas lantai (ground fight)

Kecintaan Zuckerberg dengan seni bela diri macam ini disampaikan pertama kali pada acara siniar (podcast) The Joe Rogan Experience pada Agustus tahun lalu. 

Kala itu, Zuck mengatakan bahwa kegiatan yang menjadi hobi tersebut mulai ia lakukan sejak pandemi Covid-19. Hobi itu juga dapat membantu meningkatkan fokus dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Ilustrasi pendiri Facebook sedang berkompetisi di turnamen jiu jitsu di California, Amerika Serikat pada Sabtu (6/5/2023).Instagram.com/Zuck Ilustrasi pendiri Facebook sedang berkompetisi di turnamen jiu jitsu di California, Amerika Serikat pada Sabtu (6/5/2023).

"Setelah latihan jiu jitsu selama beberapa jam, atau bergelut bersama rekan saya atau orang lain di lantai, saya merasa saya bisa melawan dan menyelesaikan semua masalah yang ada di kantor," ungkap Zuckerberg pada Rogan kala itu. 

Baca juga: Meta Naikkan Tunjangan Mark Zuckerberg Setelah PHK Karyawan

Salah satu pelatih dari tim Guerrilla Jiu Jitsu Academy, Khai Wu mengakui bahwa Zuckerberg merupakan orang yang pandai melakukan aksi jiu jitsu, bahkan bisa menguasai sejumlah teknik ekstrem dalam seni bela diri tersebut.

"Kalian mungkin tak akan menyangka orang sekelas bos Facebook bisa menguasai seni bela diri, dan mungkin saja bisa mengalahkan kalian dengan teknik ekstrem jiu jitsu yang ia kuasai. Kalian tidak tahu betapa saktinya si kutu buku (Zuckerberg) ini," klaim Wu.

Di samping jiu jitsu, Zuckerberg juga diketahui menggemari hobi lainnya seperti 3D printing, menjahit, berburu babi, dan memancing.

Dalam hobi 3D printing, Zuck sebelumnya membagikan sebuah postingan Instagram, di mana ia berhasil mencetak dan menjahit sejumlah gaun cantik untuk para putrinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com