Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanding Xiaomi dkk, Cuan Samsung Paling Besar

Kompas.com - 09/05/2023, 14:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung jadi produsen HP Android dengan jumlah keuntungan terbesar dibandingkan dengan produsen ponsel Android lainnya, seperti Xiaomi, Oppo, dkk.

Hal ini terungkap dari laporan perusahaan riset Counterpoint Research, yang menyebutkan bahwa dari total keuntungan industri ponsel global, Apple dan Samsung mengantongi hampir 96 persen.

Lebih rinci, Samsung (Android) menguasai 24 persen dari total keuntungan industri ponsel global. Adapun Apple (iOS) mengantongi 72 persen keuntungan.

Dibanding Apple, keuntungan Samsung memang lebih rendah. Namun bila dibandingkan dengan vendor ponsel Android lainnya seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dkk, Samsung jadi perusahaan yang cuannya paling besar.

Baca juga: Larisnya Seri Galaxy Ini Bikin Samsung Makin Cuan

Pasalnya, semua vendor ponsel Android selain Samsung hanya memiliki 4 persen dari total keuntungan industri.

Adapun harga jual rata-rata (average selling price/ASP) HP keluaran Samsung pada kuartal I-2023 adalah 340 dollar AS (Rp 5 juta).

Angka itu naik 17 persen dibanding ASP Samsung periode yang sama pada 2022 lalu. Hal ini berkat seri ponsel Galaxy S23 yang dirilis awal tahun ini. Bila dibandingkan dengan kuartal IV-2022, kenaikan bahkan sebesar 35 persen.

Secara umum Samsung sendiri masih menjadi salah satu vendor terbesar di pasar ponsel global. Riset yang sama dari Counterpoint menunjukkan Samsung menguasai pangsa pasar 22 persen pada kuartal I-2023, 1 persen lebih tinggi ketimbang Apple.

Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Lavender.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Lavender.

Total ponsel yang dikirimkan Samsung selama periode itu sebanyak 60,6 juta unit. Sementara Apple mengapalkan 58 juta unit.

Adapun Xiaomi berada di posisi ketiga dengan total pangsa pasar global 11 persen setelah mengapalkan 30,5 juta unit ponsel. Posisi keempat diraih oleh Oppo dengan pangsa pasar 10 persen dan total unit yang dikapalkan sebanyak 28 juta unit.

Vivo juga masih menjadi salah satu vendor terbesar global yang menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 7 persen setelah mengirimkan total 20,8 juta unit selama kuartal I-2023.

Harga iPhone makin mahal

Selain Samsung, harga ASP Apple per Maret tahun ini juga tercatat naik hingga tembus 988 dollar AS (Rp 14,4 juta), sebagaimana riset dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP).

Baca juga: Pendapatan Apple Turun, Cuma iPhone yang Penjualannya Naik

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, harga jual rata-rata iPhone adalah 882 dollar AS atau setara Rp 12,9 juta. Artinya, harga jual rata-rata iPhone 2023, naik hampir 100 dollar.

Padahal pada Maret 2021, harga jual rata-rata iPhone mencapai 847 dollar AS. Dengan kata lain, kenaikan harga jual rata-rata iPhone pada 2022 hanya sekitar 35 dollar AS.

Musabab kenaikan harga rata-rata iPhone 2023 lebih tinggi adalah karena popularitas iPhone 14 Pro.

Selain itu, kenaikan harga iPhone juga dipengaruhi eksistensi iPhone mini yang digantikan oleh iPhone Plus. Pasalnya, harga iPhone Plus dibanderol lebih mahal dibanding versi Mini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com