Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Xperia 10 V Resmi, Punya Layar "Panjang" dan Kamera 48 MP

Kompas.com - 12/05/2023, 11:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sony resmi meluncurkan ponsel terbaru dari keluarga Xperia 10 Series, yaitu Xperia 10 V. Seperti namanya, ponsel ini merupakan suksesor dari Xperia 10 IV yang diumumkan pada Mei 2022 lalu. 

Ponsel ini memiliki layar dengan rasio 21:9. Bezel bagian atas dan bawah terlihat masih sedikit tebal, sehingga Xperia 10 V tampak menjadi ponsel yang panjang.

Sebagai penerus, Xperia 10 V hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya adalah peningkatan kemampuan kamera utama yang kini memiliki resolusi 48 MP, meningkat dari 12 MP di Xperia 10 IV. 

Kamera tersebut mengusung sensor Exmor RS dan memiliki bukaan lensa f/1.8 (26 mm) dengan besar sensor 1/2 inci dan dibekali fitur penstabil gambar optis (OIS) seperti pendahulunya. 

Selain kamera utama, Xperia 10 V ditemani dengan dua kamera lainnya, yaitu kamera telefoto 8 MP (f/2.2, 2x optical zoom) dan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, 120 derajat). 

Baca juga: Sony Xperia 1 V Meluncur, Layar 4K Harga Rp 22 Juta

Sama seperti model Sony Xperia 10 Series lainnya, ketiga kamera ini disusun secara vertikal dalam sebuah modul elips. Pada bagian depan ponsel, terdapat pula kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.0).

Beralih ke aspek tampilan, Sony Xperia 10 V masih mengadopsi tampilan bezel layar depan tebal dan ponsel "jangkung" khas smartphone seri Xperia. 

Sony Xperia 10 V.GSMArena Sony Xperia 10 V.
Layar ponsel ini berjenis OLED dengan ukuran 6,1 inci, resolusi Full HD Plus, rasio layar 21:9, tingkat kecerahan yang diklaim 1,5 kali lebih terang dari generasi sebelumnya, dan sudah dilindungi dengan kaca pelapis Corning Gorilla Glass Victus.

Pada aspek performa, Sony Xperia 10 V ditenagai dengan chipset Snapdragon 695 yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Jika storage dirasa kurang, pengguna bisa memasang kartu microSD hingga 1 TB.

Untuk aspek daya, Sony Xperia 10 V ditopang dengan baterai jumbo 5.000 mAh. Belum diketahui seberapa cepat pengisian daya ponsel ini, namun kabarnya berada di angka 30 watt, meningkat dari generasi sebelumnya yang mentok di 21 watt. 

Baca juga: Sony Xperia 1 IV Gaming Edition Meluncur dengan Kipas Eksternal, Ini Harganya

Fitur pendukung lain yang ada di ponsel ini mencakup tingkat ketahanan air dan debu IP65/68, pemindai sidik jari yang dibenamkan di tombol power, lubang audio jack 3.5 mm, NFC, Hi-res Audio, dan masih banyak lagi. 

Di pasar global, Sony Xperia 10 V hadir dalam varian warna Lavender, Sage Green, White, dan Black. Ponsel berbobot 159 gram ini dijual dengan harga 449 euro (sekitar Rp 7,2 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (12/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com