Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Linda Yaccarino Resmi Dipilih Elon Musk Jadi CEO Baru Twitter

Kompas.com - 13/05/2023, 08:58 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Elon Musk resmi mengumumkan bahwa Linda Yaccarino, mantan Kepala Periklanan dan Kemitraan Global di NBC Universal, sebagai CEO Twitter yang baru, Jumat (12/5/2023) waktu setempat.

Dalam twit Musk di Twitter, ia membagi tugas antara dirinya dan Yaccarino. Musk bakal bertanggung jawab pada bagian desain produk dan teknologi baru, sedangkan Yaccarino berfokus pada pengoperasian bisnis Twitter.

“Saya dengan antusias menyambut Linda Yaccarino sebagai CEO Twitter yang baru. @LindYacc (handles akun Yaccarino) akan berfokus terutama pada operasi bisnis, sedangkan saya berfokus pada desain produk dan teknologi baru,” tulis Musk.

Musk juga sedikit menyinggung mengenai pembuatan aplikasi X, aplikasi serba ada bikinan Musk. Ia berharap dapat bekerja sama dengan Yaccarino untuk segera mengubah Twitter menjadi aplikasi X.

“Menantikan kerja sama bersama Linda untuk mengubah platform ini (Twitter) menjadi X, aplikasi segala yang ada,” tambah Musk.

Bagi yang belum familier, konsep superapp atau X merupakan aplikasi yang mirip dengan WeChat yang ada di China. Aplikasi tersebut menawarkan sejumlah layanan pengiriman pesan (messaging), alat pembayaran, pesan-antar makanan, dan ride sharing.

Beberapa jam setelah Musk mengumumkan identitas CEO baru, ia juga mengumbar bahwa dirinya dan Yaccarino bakal melakukan diskusi dan tanya-jawab secara langsung melalui Twitter Space. Namun, tidak mengumbar jadwal Twitter Space yang bakal dilaksanakan.

“Segera setelah @LindaYacc siap, kami akan melakukan Space yang mana Anda bisa bertanya apa saja kepada kami,” pungkas Musk, Sabtu (13/5/2023).

Sebelum mengumbar identitas CEO yang baru, Musk sudah membeberkan bahwa penggantinya adalah seorang perempuan dan ia bakal menggantikan Musk dalam enam minggu ke depan. Artinya, Yaccarino bakal mulai bekerja di Twitter sekitar akhir Juni 2023.

Di sisi lain, Yaccarino juga sudah mengonfirmasi dirinya resmi mengundurkan diri sebagai Kepala Periklanan dan Kemitraan Global di NBC Universal, seperti dihimpun KompasTekno dari Techcrunch, Sabtu (13/5/2023).

“Ini sebuah kehormatan mutlak untuk menjadi bagian dari Comcast NBCUniversal dan memimpin tim yang sangat hebat,” tulis Yaccarino dalam sebuah pernyataan resmi.

“Perusahaan kami dan seluruh industri telah bertransformasi dan saya sangat bangga dengan apa yang sudah kita capai bersama, saya bersyukur dengan kolega dan mentor saya, terutama Brian Roberts, Mike Cavanagh, dan semua pemimpin tim di NBCU,” tambahnya.

Baca juga: Twitter Inc. Sudah Tak Ada Lagi, Diganti X Corp.

Terlepas dari hal itu, Musk dan Yaccarino sebelumnya telah memiliki hubungan yang cukup akrab. Pada April lalu, Yaccarino sempat mewawancarai Musk dalam sebuah acara periklanan di Miami.

Selama wawancara berlangsung, Yaccarino sesekali melontarkan pujian atas kinerja Musk di Twitter. Ia manyoroti nilai kebebasan berbicara yang diusung oleh Musk selama menjabat di Twitter.

"Elon berkomitmen untuk terbuka kepada semua orang untuk mendapat feedback berkelanjutan. Ia juga terbuka pada dirinya sendiri untuk berpartisipasi dengan aturan transparansi dan keamanan baru yang diunggah waktu itu. Perlu diingat, kebebasan berbicara bukan berarti bebas menjangkau," imbuh Yaccarino dalam acara tersebut.

Baca juga: Elon Musk Sebut AI Bisa Bahayakan Peradaban Manusia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com