Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Uji Coba Chip M3 dan M3 Pro, Ini Bocoran Spesifikasinya

Kompas.com - 15/05/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Apple digadang-gadang bakal meluncurkan MacBook M2 generasi selanjutnya.

Di tengah persiapannya merilis perangkat tersebut, Apple kabarnya sudah mengembangkan chipset terbaru penerus M2, yakni M3. Setidaknya begitu menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg.

Chip M3 kabarnya sedang diuji menggunakan aplikasi pihak ketiga, guna memastikan kompatibilitasnya dengan ekosistem software Mac.

Salah satu versi chip M3 yang sedang diuji kabarnya memiliki total CPU 12 inti, terdiri dari enam inti yang bertugas menangani tugas yang paling intens dan enam inti lainnya untuk menangani operasi dengan daya yang lebih rendah.

Baca juga: Spesifikasi Apple M2 Pro dan M2 Max, Chip Terbaru buat Macbook Pro

Selain CPU 12 inti, chip M3 juga dibekali 18 inti grafis serta memori 36 GB. Karena spesifikasinya cukup tinggi, chip ini diduga merupakan M3 Pro, model tinggi dari chip bikinan Apple.

Spesifikasi tersebut terbilang meningkat bila dibandingkan dengan pendahulunya. Chip M1 Pro misalnya, hanya memiliki CPU 8 inti, 14 inti grafis dan memori 32 GB. Sementara chip M2 Pro yang rilis Januari lalu memiliki CPU 10 inti, 16 inti grafis serta memori 32 GB.

Karena perbandingan tersebut, chip M2 Max ditaksir bakal menawarkan spesifikasi lebih tinggi, setidaknya dibekali CPU hingga 14 inti dan 40 pengolah grafis. Begitu pula dengan chip M3 Ultra yang diduga bakal didukung spesifikasi teknis lebih tinggi lagi, dengan CPU 28 inti serta pengolah grafis 80 inti.

Adapun chip M3 diuji pada perangkat yang belum dirilis ke publik, yaitu MacBook Pro kelas tinggi dengan sistem operasi macOS 14.0, dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Apple Umumkan Chip M2 Pro dan M2 Max, Ini Kehebatannya

Chip ini disebut-sebut memiliki desain arsitektur 3 nm, sehingga mampu menunjang banyak inti pada sebuah chipset.

Menurut orang dalam yang dikutip Gurman, Mac pertama dengan chip M3 kemungkinan rilis akhir tahun atau awal tahun 2024.

Tak hanya MacBook dengan M2 generasi baru, Apple juga kemungkinan menyiapkan sejumlah perangkat lainnya berbasis chip M3, di antaranya iMac M3, MacBook Pro hingga MacBook Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com