Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Kuat PlayStation 6 Bakal Rilis 2027

Kompas.com - 15/05/2023, 11:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Sony PlayStation 6 (PS6) kabarnya bakal dirilis tahun 2027. Kabar ini terendus dari dokumen rahasia Sony yang terungkap ke publik.

Dokumen itu terpaksa dirilis untuk kepentingan penyelidikan Otoritas Persaingan Pasar Inggris (CMA) terhadap Microsoft yang telah mengakuisisi perusahaan game Activison Blizzard.

Menurut dokumen itu, Sony mengeklaim bahwa Microsoft akan terus menyediakan game bikinan Activision untuk PlayStation hingga tahun 2027. Pernyataan inilah yang dinilai menjadi indikasi bahwa PlayStation 6 bakal rilis tahun 2027.

"Pada saat Sony Interactive Entertainment (SIE) meluncurkan generasi lanjutan dari konsol PlayStation (yang kemungkinan besar akan rilis sekitar {disamarkan}). Konsol itu akan kehilangan akses ke Call of Duty dan judul Activision lainnya, sehingga sangat rentan konsumen beralih dan rentan menurunkan daya saing," demikian pernyataan Sony dalam dokumen rahasianya.

Baca juga: PS5 Laris Manis Bikin Pendapatan Sony Moncer

Meski tahun rilis PlayStation 6 disamarkan dalam dokumen tersebut, dapat dipahami bahwa konsol itu kemungkinan rilis tahun 2027 atau setelahnya. Sebab, kalimat yang disamarkan, secara tersirat merujuk pada tahun berakhirnya kerja sama Activision yang disebut Sony, yaitu 2027.

Indikasi lainnya yang menguatkan spekulasi PlayStation 6 rilis tahun 2027 adalah tahun jeda antar generasi PlayStation yaitu tujuh tahun.

PlayStation 5 sendiri diluncurkan Sony tahun 2020. Bila mengacu tradisi perusahaan, PlayStation 6 sebagai calon suksesor PS5 kemungkinan rilis tujuh tahun kemudian, atau sekitar tahun 2027.

Sebenarnya, jeda peluncuran PlayStation bisa sampai lebih dari 10 tahun. PlayStation generasi pertama hingga PS3 misalnya, jedanya bisa sampai 11 sampai 13 tahun. Namun sejak PS4, jedanya menjadi lebih pendek, hanya tujuh tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Senin (15/5/2023).

Sony menentang akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft

Adapun dokumen rahasia yang dirilis Sony dan ditujukan ke CMA adalah untuk menjelaskan alasannya menentang akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard. Sony khawatir pihaknya akan kesulitan mengakses Call of Duty, game besutan pengembang tersebut.

Baca juga: Saham Sony Anjlok Pasca-Microsoft Akuisisi Activision Blizzard

Sementara itu Microsoft mengakuisisi Activision Blizzard senilai 68,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.013 triliun, berdasarkan kurs rupiah hari ini (Rp 14.748 per 1 dollar AS).

Proses transaksi ini diperkirakan bakal selesai tahun ini dan akan menjadikan akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard sebagai akuisisi terbesar sepanjang sejarah industri game.

Selain itu, angka ini juga merupakan akuisisi terbesar sepanjang sejarah Microsoft, setelah mereka mencaplok platform jejaring sosial untuk kebutuhan profesional, LinkedIn senilai 26,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 368 triliun) pada 2016 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com