Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membersihkan WhatsApp Tanpa Hapus Chat biar Memori HP Tak Penuh

Kompas.com - 16/05/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Data pada WhatsApp bakal terakumulasi dan mengonsumsi memori internal handphone (HP). Lalu, apakah chat di WhatsApp bisa membuat memori penuh? Chat termasuk data yang bakal menambah jumlah penyimpanan WhatsApp.

Chat yang terus bertambah dan menumpuk bakal menambah penyimpanan data WhatsApp dan selanjutnya bisa membuat penuh memori HP. Solusi agar memori HP tak cepat penuh, pengguna bisa menghapus beberapa chat WhatsApp yang dirasa tidak penting lagi.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web di Browser untuk Blur Chat

Namun, solusi itu mungkin kurang efektif jika ternyata chat dirasa penting semua. Lantas, bagaimana cara menghilangkan penyimpanan penuh di WhatsApp tanpa hapus chat?

Bila hendak mengosongkan penyimpanan WhatsApp, tetapi tak ingin menghapus chat, ada solusi yang dapat dilakukan. Pengguna bisa membersihkan penyimpanan WhatsApp tanpa harus menghapus chat.

Caranya bisa dilakukan dengan menghapus file-file media, seperti foto, gambar, atau video, yang terunduh dan tersimpan di WhatsApp saja. File media bisa dibilang menjadi data yang paling banyak memenuhi penyimpanan WhatsApp.

Dengan menghapus file media yang terkirim di ruang obrolan personal atau grup, pengguna dapat membersihkan penyimpanan WhatsApp cukup signifikan dan tak perlu repot menghapus chat yang dirasa penting semua.

Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus chat.

Cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus chat

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan dan Data” dan klik “Kelola Penyimpanan”.
  • Di opsi “Kelola Penyimpanan”, terdapat terdapat tiga pilihan penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp.
  • Pertama, pengguna bisa menghapus media-media dengan besar file lebih dari 5 MB yang dikirimkan dari semua ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  • Kemudian, pengguna dapat menghapus media yang telah diteruskan berkali-kali.
  • Ketiga, pengguna juga bisa menghapus media yang dikirimkan dari tiap ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  • Di ketiga pilihan tersebut, pengguna dapat menghapus semua media sekaligus atau memilih sebagian saja.

Ilustrasi cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus chat.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus chat.

Setelah menghapus kiriman media di ruang obrolan pribadi atau grup, penyimpanan WhatsApp bakal berkurang cukup signifikan. Dengan berkurangnya penyimpanan WhatsApp, beban memori internal HP pun jadi berkurang.

Cukup mudah bukan cara membersihkan WhatsApp tanpa hapus chat? Sebagai informasi tambahan, cara tersebut dijajal pada aplikasi WhatsApp di iPhone dengan sistem operasi iOS 16.4.1.

Baca juga: Cara Mengatasi Kode QR WhatsApp Tidak Valid dengan Mudah

Beda wadah yang digunakan mungkin bakal sedikit berbeda pula langkahnya. Demikianlah penjelasan seputar cara membersihkan WhatsApp tanpa hapus chat dengan menghapus beberapa kiriman file media yang tak lagi penting, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com