Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Komentar Pakai GIF di Instagram Resmi Dirilis

Kompas.com - 17/05/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Setelah sempat diuji coba ke sebagian pengguna, fitur komentar dengan GIF akhirnya resmi dirilis Instagram untuk semua pengguna. Dengan begitu, semua pengguna Instagram bisa memakai gambar berformat GIF untuk mengomentari postingan di feed.

Dukungan GIF di kolom komentar, diumumkan oleh Kepala Instagram, Adam Mosseri melalui channel Instagram.

"Ini adalah sedikit fitur yang dinantikan dan kami meluncurkan GIF dalam komentar hari ini," kata Mosseri dalam channel Instagram, dikutip KompasTekno dari Engadget, Rabu (17/5/2023).

Pengguna sebenarnya sudah bisa memakai GIF di Instagram, tetapi sebatas di Direct Message (DM) atau fitur pesan dalam aplikasi.

Perusahaan kemudian memperluas dukungan GIF ke postingan di feed, sehingga pengguna bisa berkomentar menggunakan GIF, dari semula hanya teks atau emoji saja.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik Upload Konten TikTok, Instagram, dkk agar Trending

Seperti di DM, pengguna yang sudah kebagian fitur GIF akan menemukan ikon "GIF" di sudut kolom komentar. Dengan mengklik ikon tersebut, pengguna akan melihat deretan pustaka GIF dari Giphy.

Tampilan fitur komentar dengan GIF di Instagram yang diumumkan di channel Adam Mosseri.Instagram Tampilan fitur komentar dengan GIF di Instagram yang diumumkan di channel Adam Mosseri.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih GIF yang diinginkan untuk menambahkannya sebagai komentar.

Dukungan GIF untuk komentar di feed Instagram sendiri tampaknya digulirkan secara bertahap.

Pasalnya, pantauan KompasTekno, fitur tersebut belum terlihat di Instagram, setidaknya versi Android 283.0.0.20.105.

Sebelum dirilis resmi hari ini, Instagram diketaui sudah melakukan uji coba dukungan komentar dengan GIF di feed sejak awal tahun.

Saat itu uji coba dilakukan ke sejumlah pengguna Instagram berbasis sistem operasi iOS, kemudian diperluas ke lebih banyak pengguna.

Uji coba fitur subtitle di Reels

Selain fitur GIF di kolom komentar, Adam Mosseri juga mengumumkan bakal fitur baru lainnya, yaitu lirik atau subtitle di Instagram Reels. Fitur ini masih dalam tahap uji coba.

Baca juga: Upload Banyak Foto di Feed Instagram Kini Bisa Ditambah Musik, Indonesia Sudah Kebagian

Rinciannya belum begitu dijelaskan oleh bos Instagram tersebut, tetapi ada kemungkinan nantinya Reels akan bisa menampilkan teks di atas video.

Teks tersebut muncul secara otomatis berkat dukungan teknologi auto-caption yang dirilis Meta tahun 2021. Teknologi ini awalnya dirilis di Instagram Stories untuk mengonversi audio ke dalam teks.

Sayangnya belum diketahui kapan fitur lirik atau subtitle di Reels akan diluncurkan. Mosseri juga belum merinci jadwal peluncuran fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Engadget
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com