Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambaran Teknologi 32 Tahun Lalu, Saat Indonesia Sabet Emas Sepak Bola SEA Games 1991

Kompas.com - 17/05/2023, 17:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Timnas U22 Indonesia meraih medali emas cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2023 seusai mengalahkan Thailand pada Selasa (16/5/2023).

Kemenangan atas Thailand ini sangat berarti untuk Indonesia. Pasalnya, timnas Indonesia berhasil mengakhiri penantian juara SEA Games selama 32 tahun.

Sebelum juara pada 2023, Indonesia kali terakhir menyabet medali emas SEA Games cabang olahraga sepak bola tahun 1991.

Kemenangan Timnas U22 Indonesia di gelaran Sea Games ini pun disambut suka-cita oleh warga dan pecinta sepak bola di Tanah Air. 

Ungkapan kegembiraan tersebut juga diluapkan lewat postingan media sosial mulai dari Twitter, Instagram, TikTok dan lainnya.

Warga Indonesia juga bisa mendapatkan berita termasuk video dan foto paling update soal kemenangan Timnas U22 ini lewat situs web berita nasional hingga situs web resmi SEA Games Kamboja.

Baca juga: Google dan Facebook Belum Lahir, Saat Indonesia Juara Sepak Bola SEA Games 32 Tahun Lalu

Saat ini, mendapatkan informasi terbaru semudah seperti menjentikkan jari. Kita tinggal membuka internet, memasukkan kata kunci, dan voila, kita bakal bisa mendapatkan informasi yang lengkap mulai dari video, gambar, berita, dan lainnya.

Namun, kondisi tersebut sangat berbeda ketika Timnas Indonesia menyabet emas pada gelarang SEA Games tahun 1991. Sebab, 32 tahun silam, internet belum secanggih sekarang.

Bila ditelusuri, 32 tahun silam, dunia baru kedatangan situs web pertama. Di samping itu, situs/aplikasi populer dan raksasa seperti Goole, Instagram, TikTok juga belum lahir saat Indonesia memenangkan medali emas SEA Games 1991 cabang olahraga sepak bola.

Berikut gambaran teknologi 32 tahun silam, saat Timnas Indonesia juara sepak bola Sea Games 1991.

1991: website pertama, tampilan sederhana dan tak ada foto

Tampilan situs pertama di dunia buatan Tim Berners-Lee.BusinessInsider Tampilan situs pertama di dunia buatan Tim Berners-Lee.
Bila ditelusuri, website pertama baru mengudara di internet pada 1991 atau 32 tahun silam.

World Wide Web atau "www" ditemukan oleh Timothy "Tim" Beners Lee pada tahun 1989. Berkat temuan www, Tim dijuluki sebagai "Bapak Internet" dunia.

Tim Berners-Lee kemudian membuat sebuah website pertama di dunia dengan alamat URL http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html.

Situs web yang diluncurkan pada 6 Agustus 1991 tersebut berisi panduan tentang bagaimana cara membuat laman web dan elemen hypertext yang dipakai di dalamnya.

Bila dilihat, situs web pertama di dunia itu memiliki antarmuka yang sangat sederhana. Misalnya, memiliki latarbelakang putih, tulisan berwarna hitam, serta hypertext berwarna biru.

Baca juga: Sejarah World Wide Web atau WWW, Penemunya Tim Berners Lee Tahun 1989

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com