Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Polling di WhatsApp yang Hanya Bisa Pilih Satu Jawaban

Kompas.com - 18/05/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sejak sekitar akhir tahun lalu, fitur polling telah tersedia di WhatsApp (WA) dan bisa dijajal oleh pengguna. Lalu, polling di WA untuk apa? Seperti namanya, fitur polling di WhatsApp berfungsi untuk membuat jajak pendapat.

Fitur polling di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membuat pertanyaan terkait apa pun dan pilihan jawabannya. Kemudian, pengguna lain bisa memberikan suara (voting) atau memilih jawaban atas pertanyaan itu.

Baca juga: Cara Membersihkan Penyimpanan WhatsApp agar Memori HP Tak Penuh

Fitur polling di WhatsApp bisa dipakai pada ruang obrolan pribadi dan grup. Namun, fitur ini bisa dibilang lebih cocok dipakai untuk meminta pendapat di grup yang berisikan banyak anggota. Dengan fitur polling di WhatsApp, pengguna tak perlu tanya satu per satu anggota.

Pertanyaan tertentu dan beberapa pilihan jawaban yang membutuhkan keputusan mayoritas dapat tersaji cukup dalam satu bubble chat saja. Setiap jawaban dari masing-masing anggota juga bisa dilihat lewat bubble chat polling di WhatsApp.

Untuk diketahui, saat awal dirilis dulu, pengguna dapat memilih lebih dari satu jawaban dalam polling di WhatsApp. Kini, polling di WhatsApp bisa diatur agar pengguna memilih satu jawaban saja.

Lantas, bagaimana cara buat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban.

Cara membuat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban

  • Buka ruang obrolan di WhatsApp, bebas bisa pribadi maupun grup.
  • Setelah itu, klik ikon tambah atau klik ikon klip kertas yang terdapat pada kolom pengetikan chat.
  • Kemudian, pilih opsi “Polling”.
  • Berikutnya, buat pertanyaan dan pilihan jawabannya sesuai keinginan.
  • Selanjutnya, matikan opsi “Allow multiple answers” atau “Izinkan beberapa jawaban”.
  • Terakhir, silakan kirim polling di WhatsApp.

Ilustrasi cara membuat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban.

Saat opsi “Allow multiple answer dimatikan”, pengguna yang dimintai pendapat hanya bisa memberikan suara pada satu pilihan jawaban. Cukup mudah bukan cara membuat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban?

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Pasangan via WhatsApp dengan Mudah

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat polling di WhatsApp yang hanya bisa pilih satu jawaban, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com