Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu XLED, Teknologi TV Baru yang Akan Diboyong Sharp ke Indonesia?

Kompas.com - 19/05/2023, 09:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

OSAKA, KOMPAS.com - Jika Anda berpikir sudah banyak teknologi panel TV yang digunakan saat ini, mulai dari LCD, LED, hingga OLED dan QLED, maka kini bersiaplah dengan jenis panel baru yang disebut XLED yang menggunakan teknologi Mini LED.

Panel XLED adalah panel dengan Mini LED (lampu LED yang lebih kecil) yang dikembangkan Sharp. XLED Sharp pertama kali dikenalkan pada 2021 lalu, dan melakukan debut globalnya pada pameran elektronik CES di Las Vegas pada awal 2023.

Pabrikan TV lain seperti Samsung sudah mengenalkan TV Mini LED sejak 2021 dengan teknologi Neo QLED. Sementara pabrikan TV China seperti TCL dan Xiaomi sudah merilis TV Mini LED sebelum Samsung.

Analisis dari firma riset TrendForce pada 2022 lalu memprediksi jumlah pengiriman layar Mini LED global mencapai 17,6 juta unit, atau meningkat 83 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk itulah Sharp juga merilis TV dengan teknologi Mini LED ini dalam lini TV Aquos barunya, FV1 Series.

XLED atau Mini LED yang dikembangkan Sharp, sesuai namanya, adalah lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan kebanyakan TV saat ini.

"Ukurannya adalah sepersepuluh dari ukuran lampu LED yang dipakai panel TV tradisional di pasar," ujar Daisuke Hirasawa selaku Division Manager, Global Products Planning Division Sharp di pabrik Sharp di Osaka, Jepang, Kamis (18/5/2023).

Perbandingan ukuran Mini LED (XLED) yang dikembangkan Sharp (kanan) dengan lampu backlight LED di TV konvensional saat ini (kiri).KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Perbandingan ukuran Mini LED (XLED) yang dikembangkan Sharp (kanan) dengan lampu backlight LED di TV konvensional saat ini (kiri).

Dengan ukuran yang lebih kecil itu, Sharp mengeklaim bisa "menanam" backlight LED yang 88 kali lebih banyak di satu panel. Lantas, apa keunggulan memiliki backlight LED kecil yang jumlahnya lebih banyak?

Baca juga: Sharp Perkenalkan Teknologi TV XLED, Siap Diboyong ke Indonesia

Backlight LED dibutuhkan untuk menampilkan piksel di layar TV. Lampu yang lebih banyak ini memungkinkan Sharp mengatur gelap-terang, atau kekuatan lampu yang dipancarkan, di suatu area gambar dengan lebih presisi di satu area.

Sharp mengeklaim ada 2.000 lebih dimming zone (area yang bisa diatur gelap-terangnya) di panel XLED, sehingga layar TV menghasilkan kecerahan (brightness) lebih tinggi dan warna hitam (black level) yang lebih pekat dibanding TV LED konvensional.

Gelombang cahaya yang dipancarkan Mini LED itu juga dikonversi menggunakan teknologi quantum dot Deep Chroma yang dikembangkan Sharp, sehingga meningkatkan gamut warna yang 20 persen lebih luas.

Bahkan, gamut warna di TV Aquos XLED ini diklaim sebagai yang tertinggi di lini TV Aquos.

Dalam demonstrasi yang dipamerkan di pabrik Sharp di Sakai, panel layar XLED Sharp nampak lebih piawai dalam mengisolisir area terang suatu gambar di TV, tidak menyebabkan piksel di sebelahnya terdampak.

Perbandingan kontras dan warna hitam (black level) antara TV LCD (kiri), XLED (tengah), dan OLED (kanan).KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Perbandingan kontras dan warna hitam (black level) antara TV LCD (kiri), XLED (tengah), dan OLED (kanan).

Warna hitam juga nampak lebih pekat dibandingkan panel LCD dan LED konvensional. Hal ini juga berpengaruh pada tingkat kontras gambar yang ditampilkan.

Meski Sharp belum membeberkan berapa tingkat kecerahan dan rasio kontrasnya, namun dikutip KompasTekno dari LED Inside dalam prototipe XLED yang menggunakan 8.000 mini LED dengan 1.000-an dimming zone, Sharp mampu menghasilkan 2.000 nit (cd/m2) dengan rasio kontras 1.000.000:1.

Teknologi XLED ini dipasang di TV Aquos FV1 Series yang juga akan dirilis di Indonesia pada Juli dan tersedia di pasar mulai Agustus 2023.

Ad dua model TV FV1 Series yang akan dibawa Sharp ke Indonesia, yaitu mode 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1). Untuk spesifikasi lengkap dan harganya, Sharp baru akan mengumumkannya saat keduanya resmi meluncur di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com