Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Rekening Online biar Tidak Tertipu Saat Jastip Tiket Konser

Kompas.com - 19/05/2023, 11:20 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Antusias masyarakat pada saat pembelian tiket konser begitu luar biasa. Tak jarang kuota tiket konser habis dalam waktu beberapa menit. Hal ini yang membuat sebagian masyarakat ingin menggunakan jasa titip atau “Jastip Tiket Konser” agar bisa mendapatkan tiket lebih cepat.

Namun masyarakat tetap harus berhati-hati ketika menggunakan jasa titip tiket konser. Pasalnya tak sedikit juga para oknum kejahatan transaksi online memanfaatkan momen seperti ini. 

Maka dari atas himbauan Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia (Kominfo) menghimbau masyarakat harus waspada terhadap berbagai proses transaksi online.

Kominfo menganjurkan pembeli tiket konser yang menggunakan jasa titip dapat mengecek rekening tujuan secara online agar tidak tertipu. Cara mengecek rekening dapat dilakukan lewat situs www.cekrekening.id. Lantas bagaimana caranya? Simak berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Cek Rekening Penipu atau Bukan dan Bagaimana Melaporkannya

Cara cek rekening online di cekrekening.id

Cara cek rekening penipu secara online.Tangkapan layar situs website cekrekening.id Cara cek rekening penipu secara online.

  • Buka situs cekrekening.id
  • Klik “Cek Sekarang” di menu “Periksa Rekening”
  • Pilih jenis akun “Bank” atau “E-Wallet”
  • Isikan nama bank atau e-wallet Isi nomor rekening atau e-wallet tujuan
  • Centang menu “Saya bukan robot”
  • Klik “Cek Sekarang”
  • Nantinya akan muncul informasi nama pemilik rekening, status verifikasi, dan jika terindikasi telah melakukan penipuan, laman tersebut juga akan menampilkan jumlah pelaporan yang telah dilakukan

Adapun jika informasi nomor rekening yang ditampilkan tidak ada riwayat pelaporan tertentu, hal tersebut tidak serta merta mengindikasikan nomor rekening tersebut aman dan terpercaya. Masyarakat tetap dihimbau untuk selalu waspada dalam melakukan transaksi.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan Laptop Sebelum War Tiket Konser

Namun apabila nomor rekening terdeteksi telah melakukan penipuan, Anda juga bisa langsung melaporkannya melalui cara berikut ini. Demikian cara cek rekening online agar tidak tertipu saat menggunakan jastip tiket konser. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com