Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Cell, Range, Baris, dan Kolom di Program Pengolah Angka

Kompas.com - 20/05/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Program pengolah angka merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menganalisis serta mengorganisir data. Data tersebut biasanya akan tersaji dalam tabel atau lembar kerja. Di aplikasi pengolah angka, pengguna dapat membuat grafik dan diagram.

Saat memasukkan data berupa angka, teks, dan lainnya pengguna tentu akan memanfaatkan fitur cell, range, baris, atau kolom. Ketiga komponen tersebut yang dapat membantu pengguna menyajikan data dengan baik dan mudah dibaca. 

Meskipun Anda sering menggunakannya, tak jarang sebagian pengguna kurang familiar mengenai definisi dari empat fitur tersebut. Lantas apa itu pengertian cell, range, baris, dan kolom di program pengolah angka? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: Cara Mengurutkan Data di Microsoft Excel, Mudah dan Cepat

Cell

cell Kompas.com/soffyaranti cell

Setiap lembar kerja di program pengolah angka umumnya terdiri dari ribuan persegi panjang yang di sebut dengan cell. Cell terdiri dari perpotongan antara baris dan kolom. Kolom diidentifikasi dengan huruf dan terletak di bagian atas. Misalnya saja (A,B,C).
Sedangkan baris diidentifikasi dengan angka (1,2,3).

Setiap cell memiliki namanya sendiri berdasarkan kolom dan baris. Contoh saja data ditulis di kolom P pada baris 3 maka dapat dikatakan data tersebut berada di cell P3.

Di program pengolah angka pengguna juga dapat memilih beberapa cell sekaligus. Sekelompok cell itulah yang disebut dengan rentang cell (range). Biasanya alamat range ditandai dengan tanda titik dua. Misalnya saja rentang cell yang menyertakan B1, B2, B3, B4, dan B5 adalah B1:B5.

Range

range excel TechonTheNet.com range excel

Range mengacu pada kumpulan cell yang terletak dalam suatu area tertentu di lembar kerja. Range dapat berupa dua cell atau lebih. Range memiliki beberapa jenis, seperti range vertikal, range horizontal, range campuran, dan range berganda. Setiap range juga memiliki kumpulan koordinat atau posisinya sendiri di lembar kerja seperti A2:A5, A2:C2, A2:C5, dan seterusnya. 

Baris

baris excel Kompas.com/soffyaranti baris excel

Baris biasanya terletak pada horizontal di tata letak kisi lembar kerja. Baris umumnya diberi nomor dengan nilai numerik seperti 1, 2, 3. Setiap baris akan terdiri dari serangkaian cell yang berjajar dari kolom pertama hingga akhir lembar kerja. Pada contoh di atas terlihat baris tercatat sebagai baris 3. 

Baca juga: Daftar Shortcut Microsoft Excel untuk Mempercepat Pekerjaan

Kolom

kolom excel Kompas.com/soffyaranti kolom excel

Kolom adalah rangkaian cell vertikal dalam bagan atau tabel. Setiap kolom biasanya terdiri dari serangkaian cell yang membentang dari baris pertama hingga terakhir di lembar kerja. Adapun setiap lembar kerja biasanya memiliki nomor kolom yang digunakan sebagai referensi cell.

Pengguna bisa memilih seluruh kolom dengan mengklik tajuk kolom (yaitu huruf-huruf yang ada di bagian atas. Pada contoh di atas, kolom ditunjukkan pada kolom C.

Kegunaan cell, range, baris, dan kolom

Selain untuk memudahkan pengguna dalam mengolah dan menyajikan data, berikut ini beberapa kegunaan cell, range, baris, dan kolom lainnya.

Cell

Cell merupakan perpotongan baris dan kolom dan merupakan unit terkecil dalam program pengolah angka. Umumnya digunakan untuk menyimpan data dan memiliki alamat unik sehingga mudah digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis data.

Range

Range adalah kumpulan sel yang berada di area tertentu. Setiap range juga memiliki kumpulan koordinat atau posisinya sendiri di lembar kerja seperti A2:A5, A2:C2, A2:C5. Kegunaan range adalah memungkinkan Anda dapat mengoperasikan sekelompok cell sekaligus, seperti menghitung total dan menerapkan format.

Row/baris

Baris terletak pada arah horizontal. Setiap baris memiliki nomor yang diidentifikasi pada sisi kiri lembar kerja. Maka dari itu kegunaan baris adalah untuk mengatur data secara mendatar horizontal. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Tanda Koma di Microsoft Excel Sekaligus

Kolom

Jika baris memungkinkan Anda mengatur dan mengoperasikan data secara horizontal, maka kolom sebaliknya. Fitur ini digunakan pengguna untuk mengatur data secara vertikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com