Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Folder Baru “Chat yang Dikunci” di WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Bisa Muncul?

Kompas.com - 20/05/2023, 10:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, media sosial tengah diramaikan dengan perbincangan tentang keberadaan folder baru di aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA). Kolom itu bernama “Chat yang dikunci” atau “Locked chat”.

Salah satu contoh keramaian perbincangan tentang kolom “Chat yang dikunci” di WhatsApp bisa dilihat lewat twit dari akun base dengan handle @tanyarlfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Polling di WhatsApp yang Hanya Bisa Pilih Satu Jawaban

Jika dilihat dari twit tersebut, folder “Locked chat” berada di bagian paling atas dari daftar obrolan WhatsApp. Folder tersebut berada tepat di atas folder “Archived”, yang bisa dipakai untuk menyimpan pesan-pesan diarsipkan.

Melihat keramaian ini, lantas apa itu folder “Chat yang dikunci” di WhatsApp? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah penjelasan mengenai kemunculan folder “Locked chat” di WA.

Fitur Lock Chat WA

Folder “Chat yang dikunci” sejatinya adalah fitur Lock Chat WA. Kabar WhatsApp bakal merilis fitur Lock Chat sudah beredar sejak April lalu. Akan tetapi, fitur tersebut baru saja diluncurkan WhatsApp ke pengguna secara umum sekitar Selasa kemarin (16/5/2023).

Lantas, apa fungsi Lock Chat WA? Lock Chat WA merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci chat tertentu dengan kata sandi atau sistem keamanan biometrik (pemindaian sidik jari atau wajah).

Fitur Lock Chat WA berfungsi buat mengamankan pesan-pesan tertentu agar tidak mudah diakses atau dibuka oleh orang lain. Pasalnya, pesan yang dikunci hanya bisa diakses bila pengguna memasukkan password dengan benar.

Fitur kunci WhatsApp sebenarnya telah hadir sejak lama. Namun, fitur yang bisa mengunci chat tertentu (bukan mengunci aplikasi) baru hadir sekarang. Dengan fitur Lock Chat WA, pengguna bisa memilih chat personal atau grup untuk dikunci.

Baca juga: Kenapa Muncul “Tidak Ada Kode QR Valid yang Terdeteksi” Saat Login WA Web? Ini Penyebabnya

Saat dikunci, chat tidak akan lagi ditampilkan pada halaman daftar obrolan. Pesan-pesan yang telah dikunci dengan fitur Lock Chat WA bakal dikumpulkan dan tersimpan dalam folder “Chat yang dikunci”.

Jadi, bila ingin memunculkan folder “Locked chat” di WhatsApp seperti yang tengah ramai di media sosial, pengguna perlu mengunci chat tertentu terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara mengunci chat WA dengan fitur tersebut? Begini penjelasannya.

Cara mengunci chat WA agar masuk ke folder “Locked chat”

  • Buka chat personal atau grup yang ingin dikunci.
  • Selanjutnya, klik nama kontak atau grup untuk membuka halaman profil ruang obrolan.
  • Pada halaman itu, pilih opsi “Chat Lock”.
  • Kemudian, atur sistem keamanan yang bakal dipakai untuk mengunci chat tersebut. Sebagai informasi, saat ini, tampaknya sistem keamanan yang bisa dipakai buat kunci chathanya pemindaian sidik jari.
    Cara kunci pesan WhatsAppKompas.com/Bill Clinten Cara kunci pesan WhatsApp
  • Setelah mengatur sistem keamanan, chat bakal otomatis berpindah ke folder “Locked Chat”.
  • Notifikasi terdapat pesan baru pada chat yang terkunci bakal tetap muncul, tetapi informasi nama pengirim, foto profil pengirim, dan preview pesannya tidak akan ditampilkan.
  • Untuk melihat chat yang terkunci, pengguna bisa mengakses folder “Locked Chat” dan membuka kuncinya
    Cara kunci pesan WhatsAppKompas.com/Bill Clinten Cara kunci pesan WhatsApp

Itulah penjelasan mengenai cara mengunci chat WA agar masuk ke folder “Locked chat”. Sebagai informasi tambahan, pilihan sistem keamanan untuk mengunci chat WA mungkin bakal ditambahkan dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web di Browser untuk Blur Chat

Untuk diketahui pula, fitur Lock Chat WA sekarang tampaknya masih digulirkan secara bertahap, sehingga beberapa pengguna mungkin ada yang belum kebagian. KompasTekno sendiri telah mendapatkannya di aplikasi WhatsApp versi beta 2.23.10.19 (Android).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com