Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tambah Daya Listrik Online di HP via PLN Mobile, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 20/05/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber pln.co.id

KOMPAS.com - Bagaimana cara tambah daya listrik di PLN? Dulu, untuk tambah daya listrik, pelanggan perlu mengunjungi kantor PLN wilayah domisili. Kini, Perusahaan Listrik Negara atau PLN telah menyediakan layanan tambah daya listrik secara online.

Sebagaimana cukup umum diketahui, besar daya listrik PLN untuk segmen rumah tangga di Indonesia tersedia dalam beberapa jenis, mulai dari 900 Volt Ampere (VA), 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA, 5.500 VA, dan 6.600 VA.

Baca juga: Cara Daftar Aplikasi PLN Mobile, Bisa Pasang Listrik Baru hingga Beli Token Listrik

Besar daya listrik PLN tersebut dapat dipilih pelanggan sesuai kebutuhan pribadi. Pelanggan juga dapat mengajukan permohonan perubahan daya listrik apabila daya listrik yang terpasang saat ini dirasa kurang.

Penambahan daya listrik biasanya dibutuhkan saat pelanggan butuh untuk mengoperasikan banyak perangkat elektronik. Dengan daya listrik yang lebih besar, pelanggan jadi bisa mengoperasikan banyak perangkat elektronik tanpa khawatir alirannya mati karena tak kuat.

Bila berencana untuk tambah daya listrik, pelanggan saat ini dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang tersedia di handphone (HP). Untuk cara tambah daya listrik online di HP via PLN Mobile, berikut adalah penjelasannya.

Cara tambah daya listrik online di HP lewat PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Jika sudah punya, silakan buka aplikasi PLN Mobile dan pastikan telah login akun.
  • Sebelum bisa mengajukan permohonan penambahan daya listrik di PLN Mobile, pastikan telah melakukan verifikasi akun. Caranya kunjungi menu “Profil” dan klik opsi “Updgrade Akun”, lakukan verifikasi akun dengan menyertakan KTP.
  • Setelah tervirifikasi, kunjungi menu “Ubah Daya dan Migrasi” yang terdapat di halaman awal PLN Mobile dan klik “Mulai”.
  • Pilih ID pelanggan yang telah didaftarkan pada PLN Mobile
  • Tentukan koordinat lokasi yang sesuai dan lengkapi data lokasi dengan benar.
  • Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pascabayar), serta peruntukan listriknya.
  • Kemudian, lengkapi data pemohon dengan benar dan bakal muncul halaman ringkasan permhononan. Setelah itu, pilih “Kirim Permohonan”.
  • Selanjutnya, selesaikan pembayaran biaya tambah daya sesuai metode yang tersedia.
  • PLN Mobile bakal memberikan notifikasi apabila pembayaran berhasil dilakukan.

Dikutip dari laman resmi PLN, setelah 2 hari kerja dari permohonan itu berhasil dikirim, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.

Baca juga: Cara Lapor Mati Listrik PLN via HP, Gratis dan Bebas Pulsa

Selanjutnya, petugas bakal mendatangi lokasi dan membuka meteran listrik, mengganti MCB (saklar meteran), serta menyegel MCB yang baru. Demikianlah penjelasan seputar cara tambah daya listrik online via PLN Mobile di HP, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber pln.co.id
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com