Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Bing AI di HP dan Laptop buat Jawab Aneka Pertanyaan

Kompas.com - 20/05/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Platform chatbot artificial intelligence (AI) buatan Microsotf, Bing Chat atau Bing AI Chat, kini sudah bisa dijajal oleh semua pengguna secara umum. Lantas, bagaimana cara menggunakan Bing AI?

Untuk diketahui, Bing AI secara fitur mirip dengan ChatGPT, yakni menjawab aneka pertanyaan dan perintah pengguna. Kemiripan ini terjadi karena Bing AI sama-sama memakai program language model buatan OpenAI di ChatGPT.

Baca juga: Mengenal Bing AI, Chatbot yang Bisa Jawab Aneka Pertanyaan Mirip ChatGPT

Program tersebut tak lain adalah GPT (Generative Pre-trained Transforme). Meski punya fitur dan “otak” yang mirip, Bing Chat punya perbedaan yang cukup signifikan dengan ChatGPT, misal dalam hal cara mengakses.

Bing AI Chat tidak hadir dalam satu platform tersendiri seperti ChatGPT. Microsoft membuat program chatbot AI tersebut dengan diintegrasikan ke browser Microsoft Edge dan search engine Bing.

Jadi, bila hendak menggunakan Bing AI, pengguna perlu memiliki aplikasi Microsoft Edge di laptop atau aplikasi Microsoft Bing di handphone (HP). Jika tertarik untuk menjajalnya, berikut adalah penjelasan cara menggunakan Bing AI Chat di HP dan laptop.

Cara menggunakan Bing AI Chat

Sebagaimana sempat disinggung di atas, Bing AI bisa diakses melalui aplikasi Microsoft Bing dan Microsoft Edge. Untuk menggunakan Bing AI lewat dua aplikasi itu, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Menggunakan Bing AI di HP via Microsoft Bing

  • Unduh aplikasi Microsoft Bing di HP lewat Google Play Store atau App Store.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Microsoft Bing dan pastikan telah login akun.
  • Kemudian, tekan tombol Bing AI yang berada di tab menu aplikasi Microsoft Bing.
  • Setelah kolom chat terbuka, silakan masukkan perintah atau ajukan pertanyaan sesuai keinginan.
  • Bing AI bakal membalas pertanyaan tersebut
    Ilustrasi cara menggunakan Bing AI di Microsoft Bing.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan Bing AI di Microsoft Bing.

Menggunakan Bing AI di laptop viA Microsoft Edge

  • Unduh aplikasi Microsoft Bing di desktop (laptop atau komputer) lewat tautan ini. 
  • Setelah terinstal, buka Microsoft Edge dan pastikan telah login akun.
  • Tekan tombol Bing AI yang berada di pojok kanan atas tab menu Microsoft Edge
  • Selanjutnya, bakal muncul tab khusus yang memuat ruang obrolan Bing AI Chat.
  • Pada menu “Chat”, silakan masukkan perintah atau ajukan pertanyaan sesuai keinginan dan Bing AI bakal membalasnya.
  • Pada menu “Compose”, pengguna bisa meminta Bing AI menyusun tulisan dengan topik dan gaya tertentu untuk diunggah ke platform tertentu, seperti e-mail, Facebook, dan Twitter.

Ilustrasi cara menggunakan Bing AI di Microsoft Edge.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan Bing AI di Microsoft Edge.

Itulah penjelasan seputar cara menggunakan Bing AI Chat di HP via Microsoft Bing dan di laptop via Microsoft Edge. Sebagai informasi tambahan, Bing AI di Microsoft Bing dan Microsoft Edge punya perbedaan dalam segi kelengkapan fitur.

Berdasarkan percobaan KompasTekno, tab khusus Bing AI di Microsoft Edge punya fitur yang lebih lengkap ketimbang di Microsoft Bing. Misalnya, Bing AI di Microsoft Edge dapat diperintahkan untuk membaca dan merangkum dokumen online.

Baca juga: Mengenal Bard, Chatbot AI Baru Bikinan Google Pesaing ChatGPT

Sementara itu, Bing AI di Microsoft Bing belum bisa melakukan tindakan tersebut. Kemudian, Bing AI di Microsoft Edge juga bisa mendeteksi gambar di website, sedangkan di Microsoft Bing belum bisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com