Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Perkenalkan "Access", Stik PS5 untuk Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 20/05/2023, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) awal Januari lalu, Sony memamerkan sebuah controller (stik) PS5 baru khusus untuk para penyandang disabilitas dengan nama "Project Leonardo". 

Kini, Sony mengumumkan bahwa controller Project Leonardo memiliki nama resmi "Access", sesuai dengan target penggunanya yang biasa memanfaatkan fitur Accessibility untuk mempermudah bermain game di PS5.

Selain namanya, Sony juga menguak sejumlah gambar baru yang menampilkan desain stik Access PS5 dari segala sisi.

Tidak seperti controller DualSense, Access memiliki bentuk seperti sebuah cakram yang dikelilingi dengan aneka tombol dan satu buah joystick analog.

Baca juga: PS5 Laris Manis Bikin Pendapatan Sony Moncer

Joystick analog serta tombol yang terdapat pada cakram ini digunakan untuk mengoperasikan aksi dan kontrol di dalam game.

Ilustrasi stik Access PS5.BlogPlayStation Ilustrasi stik Access PS5.

Aneka tombol tersebut mirip seperti tombol-tombol yang ada di controller DualSense, yaitu terdiri dari tombol "Segitiga", "Kotak", "Bulat", dan "X".

Ada pula tombol L1, R1, L2, R2, tombol navigasi D-pad, "Option", dan menu "PlayStation" yang menghiasi stik Access PS5.

Menariknya, beragam tombol yang ada pada stik Access PS5 ini bisa dilepas pasang serta dikonfigurasi atau diatur letaknya untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Selain mengatur posisi tombol, jarak joystick analog dengan tombol di Access PS5 juga bisa diatur sedemikian rupa, bisa jauh, bisa juga dekat dengan tombol. Posisi joystick analog ini juga bisa diputar sesuai dengan keinginan pengguna.

Ilustrasi stik Access PS5 yang bisa diputar joystick analognya.BlogPlayStation Ilustrasi stik Access PS5 yang bisa diputar joystick analognya.

Untuk kemudahan, stik PS5 khusus ini juga bisa diletakkan di atas meja, tripod, atau baki kursi roda. Sehingga, penyandang disabilitas tak perlu repot-repot menggenggam Access untuk memainkan aneka game di PS5. 

Baca juga: Membiarkan PS5 Menyala Semalam, Bahaya atau Tidak?

Profil kontrol Access bisa disimpan di sistem PS5

Selain posisinya bisa diatur, Sony juga mengatakan bahwa sejumlah fungsi tombol di Access PS5 bisa diatur pula fungsinya sedemikian rupa mengikuti selera pengguna. 

Sejumlah tombol juga dapat dipetakan ke dalam fungsi yang sama. Sebaliknya, dua fungsi juga dapat diatur ke dalam satu tombol yang sama.

Sebagai contoh, tombol L2 dan R2 bisa dikonfigurasi ke dalam fungsi yang sama untuk memudahkan pengguna yang ingin menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Menu penyimpanan Profile di sistem PS5 untuk menyimpan fungsi tombol stik Access.BlogPlayStation Menu penyimpanan Profile di sistem PS5 untuk menyimpan fungsi tombol stik Access.

Nantinya, pengaturan fungsi tombol akan disimpan ke dalam profil pemain di sistem PS5. Di sini, pengguna bisa menyimpan hingga tiga jenis pengaturan sekaligus, sehingga mereka tak perlu mengatur ulang fungsi tombol untuk game yang berbeda.

Di samping fungsi tombol, pengguna juga bisa mengatur sensitivitas joystick analog supaya mudah digunakan di beberapa game yang sensitif terhadap kontrol gerakan, seperti game balap mobil dan sejenisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com