Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sharp Tak Bikin TV Mini LED Kecil dengan Harga Murah

Kompas.com - 21/05/2023, 09:00 WIB
Reska K. Nistanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

OSAKA, KOMPAS.com - Sharp bersiap meluncurkan TV Mini LED pertamanya untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia pada Juli 2023 mendatang. TV Mini LED Sharp yang disebut XLED itu masuk dalam jajaran TV Aquos FV1 Series.

Ukuran beserta harga TV XLED Sharp memang serba besar dan mahal. Sebagai contoh, Aquos XLED 65 inci di Malaysia dijual seharga 15.000 Ringgit (sekitar Rp 49 jutaan) sementara di Jepang adalah 426.000 Yen (Rp 46 jutaan).

Sementara pesaing Sharp dari brand-brand China menjual TV dengan teknologi Mini LED sedikit lebih murah, misalnya TCL dengan harga Rp 10 jutaan atau Hisense dengan banderol Rp 13 jutaan, keduanya untuk ukuran yang sama (65 inci).

Sementara Xiaomi menjual TV Mini LED nya dengan harga 50.000 Yuan (sekitar Rp 100 jutaan) namun dengan ukuran panel yang lebih besar, yaitu 82 inci.

Baca juga: Sharp Perkenalkan Teknologi TV XLED, Siap Diboyong ke Indonesia

Mengapa Sharp tidak menjual TV Mini LED nya itu dengan ukuran yang lebih kecil dan harga yang lebih murah?

AUVI Product Head Division PT Sharp Electronic Indonesia, Ardy mengatakan Untuk Aquos XLED TV, ukuran paling kecil ada di ukuran 55 inci saja, dan mereka tidak berencana membuatnya dalam model yang lebih kecil lagi.

"Karena tidak akan kompetitif, di harga dan ukuran kecil tidak membutuhkan detail gambar seperti pada TV berukuran besar," ujar Ardy kepada KompasTekno di pabrik Sharp di Osaka, Jepang, Jumat (20/5/2023).

Memang, jika dilihat dari spesifikasinya, merek-merek China memang lebih sedikit di bawah dari yang ditawarkan Sharp, seperti jumlah dimming zone yang lebih sedikit, sehingga berpengaruh terhadap performa kecerahan, kontras, dan warna hitam yang ditampilkan di layar.

Terkait persaingan merek-merek TV China yang agresif membanjiri pasar dengan TV berbanderol harga murah, Ardy mengatakan Sharp tidak akan mengikuti strategi harga murah seperti brand-brand China tersebut.

"Kita fokus dengan brand value Sharp serta keunggulan yang ditawarkan, seperti kualitas dan layanan purna jual yang tersebar di seluruh indonesia," lanjut Ardy.

Baca juga: Apa Itu XLED, Teknologi TV Baru yang Akan Diboyong Sharp ke Indonesia?

Ada lima seri TV FV1 Series Sharp dengan panel XLED yang dirilis, yang terdiri dari ukuran 42, 50, 55, 65, dan 75 inci. Semuanya sudah dilengkapi dengan software Google TV.

Namun kabarnya, hanya dua model yang akan dibawa ke Indonesia, yaitu model 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1), dua model ukuran layar yang dianggap digemari dan menjadi andalan dari segi penjualan.

Untuk harga, Sharp akan mengumumkannya saat keduanya resmi meluncur di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com