Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Gangguan Senin Pagi, Pengguna Keluhkan Error dan Tidak Bisa Memuat Beranda

Kompas.com - 22/05/2023, 06:33 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan Instagram (IG) mengalami gangguan alias down atau error pada Senin (22/5/2023) pagi, mulai sekitar pukul 05.10 WIB. Karena IG down, beberapa pengguna berkeluh kesah di beragam media sosial, termasuk Twitter.

Para pengguna mengeluh mereka tidak bisa masuk (login) ke dalam aplikasi Instagram.

Salah satu yang mengalami ini adalah akun Twitter bernama @Uswahh_1804. Dia mengaku sudah berkali-kali masuk ke Instagram namun tidak berhasil.

 

Para pengguna yang mengeluh dengan kata kunci "Instagram down" di Twitter juga terpantau tidak bisa memperbarui (refresh) linimasa (Instagram Feed) dan profil Instagram mereka.

Pesan error yang mereka dapat saat membuka aplikasi Instagram yaitu tidak bisa memuat beranda atau couldn't refresh feed.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Beranda

Salah satu yang merasakan ini adalah akun Twitter bernama @Monnsneaky. Dia mengaku tidak bisa menggunakan Instagram untuk melakukan hal apapun, baik dari smartphone maupun komputer.

Selain tidak bisa login dan me-refresh Instagram Feed, para pengguna juga mengeluh Instagram Stories mereka tidak bisa diakses atau di-refresh, sama seperti konten-konten yang ada di Instagram Feed. 

Ilustrasi aplikasi Instagram down.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Instagram down.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Senin pagi, Instagram error juga kami rasakan. Dalam penelusuran kami, aplikasi Instagram kami masih bisa dibuka, namun konten-konten baru di aplikasi tidak bisa ditampilkan atau di-refresh.

Baca juga: Pengguna Android Keluhkan Instagram Error, Apa yang Harus Dilakukan?

Menurut situs Down Detector, Instagram error tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat (AS), negara-negara Eropa, dan beberapa wilayah lain.

Artinya, gangguan Instagram ini kemungkinan terjadi masif secara global. Hal ini juga bisa diketahui dari postingan Twitter dengan kata kunci "Instagram down" tadi, di mana pengguna tampaknya berasal dari berbagai negara karena memakai bahasa berbeda. 

Nah, kembali lagi ke Down Detector, Instagram error ini sendiri tampaknya terjadi sekitar pukul 05.10 WIB dini hari tadi, dan hingga saat ini sekitar pukul 06.00 WIB, sudah ada lebih dari 100.000 pengguna yang melaporkan Instagram error di Down Detector. 

Instagram down di down detector.KOMPAS.com/Bill Clinten Instagram down di down detector.

Biasanya, pihak Instagram mengumbar alasan mengapa layanan mereka tumbang. Namun hingga berita ini ditulis, belum ada informasi apa yang menyebabkan Instagram down

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Padahal Tersambung Internet

Update 08.30 WIB

Instagram melalui akun Twitter resminya, @InstagramComms, mengumumkan bahwa gangguan yang terjadi telah diatasi.

"Instagram kembali! Maaf atas gangguan yang dialami, kami mengalami pemadaman singkat sebelumnya dan telah menangani penyebabnya," tulis Instagram.

Pantauan KompasTekno, aplikasi Instagram di beberapa akun yang gunakan berangsur normal. Konten-konten baru di aplikasi yang sebelumnya tidak bisa ditampilkan atau di-refresh, kini sudah muncul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com