Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai WTB dan WTS Tiket Konser Coldplay di Medsos, Begini Artinya

Kompas.com - 22/05/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tiket konser Coldplay di Jakarta yang ditawarkan dalam dua sesi (presale dan on sale), telah habis terjual. Kini, banyak bermunculan istilah WTB dan WTS atas tiket tersebut di media sosial seperti Twitter.

Salah satu contoh istilah WTB tiket Coldplay bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @nizarmiarifin, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Dalam twit tersebut, pengguna memakai istilah WTB dengan dibarengi menyebutkan beberapa jenis tiket Coldplay. Sementara itu, untuk istilah WTS tiket Coldplay, contohnya pemakaiannya bisa dilihat di salah satu twit dari akun dengan handle @ind0miekeju.

Pada twit yang tertera di atas, pengguna memakai istilah WTS yang dibarengi pula dengan menyebutkan salah satu jenis tiket Coldplay. Melihat ramainya penggunaan istilah WTS dan WTB pada tiket Coldplay di media sosial, lantas apa artinya?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti WTB dan WTS yang lagi ramai dipakai di medsos dalam konteks tiket konser Coldplay.

Arti WTS dan WTB tiket Coldplay yang lagi ramai

WTS dan WTB merupakan kosakata dalam bahasa Inggris, tetapi keduanya bukanlah kata tunggal. WTS dan WTB masing-masing merupakan akronim atau singkatan. WTS merupakan singkatan dari istilah “want to sell”.

Bila diterjemahkan dalam bahasa indonesia, dengan kepanjangan itu, arti WTS adalah “ingin menjual” atau “keinginan untuk menjual sesuatu”. Dikutip dari kamus bahasa gaul Urban Dictionary, kata WTS telah lama dipakai dalam aktivitas menjual barang secara online.

Istilah WTS diperkirakan sudah muncul sejak 2005. Awal kemunculannya, WTS kerap dipakai pengguna dalam game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) untuk menjual item ke pengguna lain.

Sementera itu, WTB sendiri merupakan singkatan dari istilah “want to buy”. Dengan kepanjangan itu, WTB artinya adalah “ingin membeli” atau “keinginan untuk membeli sesuatu”. WTB juga kerap dipakai dalam aktivitas pembelian barang secara online.

Dengan penjelasan arti WTB dan WTS di atas, penggunaanya mengindikasikan kegiatan jual beli. Jadi, bila terdapat WTB tiket Coldplay di media sosial, itu berarti pengguna ingin membeli tiket Coldplay.

Kemudian, seandainya tersebut WTS tiket Coldplay, itu berarti pengguna ingin menjual tiket Coldplay miliknya ke pengguna lain. Demikianlah penjelasan seputar istilah WTB dan WTS tiket Coldplay yang marak beredar di media sosial.

Sebagai informasi tambahan, pengguna yang menjajakan tiket Coldplay di media sosial pada dasarnya adalah pihak ketiga. Penjualan tiket Coldplay yang resmi dari penyelenggara telah berakhir pada 19 Mei lalu.

Baca juga: Arti Istilah “Bombastic Side Eye” yang Sering Digunakan di Medsos

Bila hendak membeli tiket dari pihak ketiga, Anda perlu berhati-hati karena kini ramai penipuan penjualan tiket Coldplay. Risiko pembelian tiket dari pihak di luar penyelenggara menjadi tanggung jawab pribadi pengguna.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com