Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Bikin Instagram Reels Lebih Menarik, Ini 5 Caranya

Kompas.com - 22/05/2023, 18:30 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Sejak Instagram lebih mengutamakan konten video ketimbang foto, para konten kreator juga lebih banyak mengunggah video ke platform tersebut.

Umumnya, seluruh konten video yang diunggah akan terhitung sebagai Instagram Reels (IG Reels). Untuk memudahkan setiap penggunanya, Instagram menawarkan sejumlah fitur pengolahan video sederhana langsung di Instagram tanpa melalui aplikasi pihak ketiga.

Fitue edit video yang tersedia mulai dari menggunakan template video IG Reels yang diunggah akun lain, menambah backsound dari kumpulan lagu di Instagram, hingga memotong beberapa scene di video.

Selain melakukan editing video yang mendasar, Instagram juga memungkinkan pengguna menambah elemen teks, stiker, jajak pendapat (polling), kolom pertanyaan untuk melakukan kuis sederhana, dan sebagainya.

Sejumlah pengguna yang sudah terbiasa menggunakan fitur edit video di Instagram, tentunya sangat mempermudah pengguna dan menghemat lebih banyak waktu.

Namun, untuk menghasilkan konten Reels yang menarik, tidak cukup hanya memanfaatkan fitur yang disediakan Instagram. Pengguna juga harus dapat berkreasi secara kreatif untuk menghasilkan video yang menarik untuk ditonton.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, kreator setidaknya perlu memperhatikan lima aspek berikut ini untuk menghasilkan IG Reels yang menarik. Penasaran ada apa saja? SImak penjelasan berikut ini.

1. Rekam di tempat yang menarik

Latar tempat untuk merekam konten video di Instagram punya peran penting. Sebab, elemen kecil ataupun besar yang terekam dalam kamera bisa diketahui oleh seluruh penonton.

Ditambah, format IG Reels yang berbentuk vertikal (rasio 9:16), pengguna harus memanfaatkan ruang yang terbatas itu untuk membuat konten menarik, estetik, dan enak dipandang oleh mata.

ilustrasi Instagram ReelsLater.com ilustrasi Instagram Reels

Pengguna bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari, ketimbang cahaya lampu supaya bisa terlihat lebih natural. Singkirkan barang atau benda yang mengganggu dan tidak sesuai, misalnya cucian kotor, tissue bekas, piring kotor, dan sebagainya.

Jika Anda ingin melakukan voice over di dalam video, pastikan suara yang terekam dapat didengar jelas. Agar kualitas suara bisa jernih, pastikan saat merekam, Anda menggunakan mikrofon atau headphone untuk meningkatkan kualitas suara.

Baca juga: Cara Menghitung Engagement Rate Akun dan Postingan di Instagram

2. Bereksperimen dengan transisi

Aspek yang kedua adalah transisi. Walau hanya muncul sekilas di video, transisi yang menarik dapat membuat penonton betah melihat konten-konten Anda.

Pasalnya, Reels yang menarik dan menghibur cenderung memiliki pola yang sama, yakni menggabungkan berbagai macam footage lalu dijahit dalam satu video, disertai dengan transisi yang menarik.

Halaman:
Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com