Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Siapkan Xperia Fold, Ponsel Lipat Khusus Gaming?

Kompas.com - 23/05/2023, 09:33 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ponsel lipat (foldable) tengah menjadi tren sejak beberapa waktu lalu. Tidak mau ketinggalan, Sony dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone lipat terbarunya.

Konon, ponsel tersebut akan masuk dalam keluarga Sony Compact series. Seperti yang diketahui, Sony belum merilis smartphone terbarunya dari jajaran Compact series sejak 2018 lalu. Terakhir, smartphone yang diperkenalkan adalah Sony Xperia XZ2 Compact.

Nah, menurut salah satu media lokal asal Jepang, Sumahodigest, smartphone lipat bikinan Sony bakal mengadopsi lipatan bergaya clamshell, yakni dilipat dari atas ke bawah atau sebaliknya mirip Samsung Galaxy Z Flip.

Walau demikian, bocoran tersebut menjelaskan bahwa ponsel lipat Sony tidak akan sepenuhnya mirip Galaxy Z Flip. Sebab, perangkat tersebut diprediksi tidak akan dilengkapi layar sekunder, atau layar mini di depan layar.

“Smartphone flagship Xperia generasi baru akan (mengusung model) lipat secara vertikal tanpa memiliki layar sekunder,” ujar bocoran salah satu akun di forum Reddit.

Dalam laporan yang sama, ponsel lipat baru Sony disebut akan berfokus pada ponsel gaming. Beberapa pihak pun berspekulasi bahwa perangkat bakal dibekali spesifikasi yang mumpuni, termasuk chipset ngebut, RAM besar, dan baterai yang jumbo.

Keputusan Sony mengembangkan perangkat gaming tampaknya sejalan dengan popularitas industri game sekarang ini. Sony disebut dapat memanfaatkan potensi dan peluang yang ada untuk menghadirkan perangkat gaming dengan pengalaman bermain game yang imersif.

Baca juga: Sony Xperia 1 IV Gaming Edition Meluncur dengan Kipas Eksternal, Ini Harganya

Perangkat juga bakal dilengkapi kamera berteknologi dan beresolusi tinggi yang memungkinkan pengguna menciptakan gambar/video berkualitas baik, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Selasa (23/5/2023).

Sejumlah pihak juga ada yang memprediksi bahwa ponsel lipat Sony akan dinamai Xperia Fold.

Namun, belum dapat dipastikan apakah Sony meluncurkan dua ponsel lipat bergaya vertikal (atas ke bawah) dan horizontal (menyerupai buku, kanan ke kiri) sekaligus atau tidak.

Bocoran desain, spesifikasi, dan tanggal perilisan perangkat pun belum diumbar lebih lanjut. Sehingga, tidak dapat diketahui secara jelas spesifikasi dan kebaruan desain apa yang bakal dihadirkan oleh Sony.

Mengingat, Sony sendiri juga belum membeberkan informasi apapun terkait Xperia Fold, ada kemungkinan bahwa informasi yang disampaikan di atas dapat berubah sewaktu-waktu atau hanya rumor semata.

Namun, bila prediksi di atas sesuai, Sony dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan portofolio dan reputasi perusahaan lewat ponsel lipat yang diperkenalkan.

Keputusan Sony merambah ke bisnis ponsel lipat juga dinilai dapat mengejar ketertinggalannya untuk bersaing dengan Samsung, Google, Vivo, Oppo, dan lainnya. Sejauh ini, tinggal Sony dan Apple yang belum memperkenalkan ponsel lipatnya.

Baca juga: Sony Xperia 10 V Resmi, Punya Layar Panjang dan Kamera 48 MP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com