Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran MDL ID S8 Dibuka, Pemain Amatir Bisa Jadi Pro Player Mobile Legends

Kompas.com - 23/05/2023, 15:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Moonton dalam waktu dekat akan menggelar kompetisi e-sports Mobile Legends (MLBB) untuk pemain umum.

Kompetisi bernama MLBB Development League Indonesia (MDL ID) musim kedelapan alias Season 8 (S8) ini terbuka untuk tim atau pemain amatir yang ingin menjadi "pro player". 

Sebagai awal dari rangkaian acara, Moonton resmi membuka pendaftaran tahap kualifikasi terbuka (Open Qualifiers) MDL ID S8. Pembukaan pendaftaran Open Qualifiers ini disampaikan Moonton melalui akun resmi Instagram MDL Indonesia dengan handle @mdl.indonesia. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MDL Indonesia (@mdl.indonesia)

"Kesempatan untuk menjadi professional player (pro player) bukanlah hal yang tidak mungkin. Jadilah bagian dari MDL ID S8 dan berjuang bersama tim kalian di MDL ID S8 Open Qualifiers!," tulis Moonton. 

Baca juga: Daftar Hero Mobile Legends yang Dapat Buff dan Nerf dalam Update 1.7.82

Dalam postingan yang sama, Moonton mengatakan bahwa pendaftaran Open Qualifiers MDL ID S8 dibuka hingga 4 Juni 2023 mendatang. 

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs https://id-mdl.com/qualifier. Di sana, pemain harus mengisi formulir yang tersedia untuk berpartisipasi dalam tahap Open Qualifiers di turnamen MPL ID S8.

Adapun salah satu syarat untuk sebuah tim supaya dapat mendaftar MDL Open Qualifiers adalah tim tersebut tidak pernah mengikuti turnamen profesional.

Syarat lainnya mencakup sebuah tim harus terdiri dari maksimal enam pemain (lima pemain inti, dan satu pemain pengganti), memiliki pelatih, dan mempunyai seragam atau jersey serta logo tim.

Semua orang punya kesempatan

Ilustrasi hero Minotaur di Mobile Legends.Moonton Ilustrasi hero Minotaur di Mobile Legends.
Public Relations & Communications Manager Moonton Indonesia, Azwin Nugraha, mengatakan bahwa tahap Open Qualifiers MDL ini merupakan kesempatan bagi semua orang untuk menjadi atlet e-sports dan dikenal banyak orang lewat MLBB.

Sebab, tim amatir yang memenangkan tahap Open Qualifiers ini akan langsung berkompetisi di babak utama turnamen MDL ID S8. 

"Dua tim yang berhasil masuk ke Grand Final di tahap kualifikasi terbuka akan langsung berkompetisi di MDL ID S8 tanpa harus melewati babak MDL Play-In (penyisihan awal sebelum turnamen MDL ID S8)," jelas Azwin dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (23/5/2023).

MDL Play-In sendiri merupakan salah satu rangkaian babak penyisihan MDL ID, di mana dua tim teratas di babak ini, yang biasanya diisi oleh tim-tim e-sports kelas menengah, bakal melaju ke turnamen utama MDL ID.

Artinya, dua pemenang MDL Open Qualifiers tadi tidak akan bersaing di MDL Play-In dan akan langsung mendapatkan tiket ke kompetisi MDL ID, dalam hal ini MDL ID S8. 

Nah, rencananya, MDL Open Qualifiers sendiri akan digelar selama empat hari yaitu pada 15-18 Juni 2023 mendatang.

Baca juga: Game Balap Lego 2K Drive Akhirnya Meluncur di Indonesia

Babak ini akan terdiri dari tiga fase, yaitu fase audisi, fase grup, dan fase knock-out dengan format pertandingan tiga game terbaik alias "Best of 3" (BO3).

Seperti disebutkan di atas, dua tim amatir yang masuk ke tahap akhir atau Grand Final MDL Open Qualifiers akan langsung melaju ke kompetisi MDL ID Season 8

Kompetisi ini akan mempertandingkan 16 tim (dua dari MDL Open Qualifiers, dua dari MDL Play-In, dan sisanya tim undangan) untuk beradu kemampuan memperebutkan total hadiah senilai Rp 600 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com