Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ungkap Statistik App Store, dari Jumlah Aplikasi hingga Unduhan

Kompas.com - 24/05/2023, 12:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengungkap jumlah aplikasi yang ada di toko aplikasinya, App Store.

Dalam laporan bertajuk "2022 App Store Transparency Report" Apple memaparkan statistik aplikasi yang ditinjau perusahaan hingga aplikasi yang ditolak dari App Store.

Menurut laporan itu, pada tahun 2022 terdapat 1.783.232 aplikasi di App Store. Angka ini lebih sedikit ketimbang total aplikasi yang diajukan ke Apple.

Pasalnya, jumlah pengajuan aplikasi selama tahun 2022 mencapai 6.101.913 aplikasi. Namun perlu dicatat bahwa pengajuan di sini mencakup pembaruan aplikasi, bukan hanya pengajuan untuk aplikasi baru saja.

Baca juga: 6 Perbedaan Play Store dan App Store

Selama tahun itu Apple juga menolak jutaan aplikasi sampai 1.679.694 dari App Store. Ratusan ribu aplikasi lainnya pun ditolak karena berbagai alasan, utamanya karena tidak sesuai dengan panduan App Store baik dalam aspek keamanan, desain maupun aspek hukum.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa 186.195 aplikasi dihapus dari toko aplikasi Apple, meliputi aplikasi kategori game, bisnis, pendidikan, produktivitas hingga aplikasi belanja.

Ada pula aplikasi yang dihapus berdasarkan permintaan pemerintah dari berbagai negara. Di China misalnya, Apple menghapus 1.435 aplikasi dari App Store karena permintaan regulator setempat. Sebagian besar aplikasi itu merupakan aplikasi game yang dihapus karena masalah lisensi, dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (24/5/2023).

Adapun di India, Apple menghapus 14 aplikasi, di Pakistan 10 aplikasi dan Rusia 7 aplikasi.

Selain soal statistik aplikasi, Apple juga membagikan data terkait jumlah pengembang (developer) aplikasi.

Menurut laporan itu, total pengembang aplikasi di ekosistem Apple yang terdaftar mencapai 36.974.015. Pada tahun 2022 Apple juga membekukan 428.487 akun pengembang karena dinilai melanggar ketentuan.

Pengembang terdaftar yang ketahuan terkait dengan pengembang yang dibekukan juga akan dihapus oleh Apple.

Baca juga: Berapa Aplikasi yang Dipakai Pengguna Smartphone?

"Pengembang bisa ditendang dari Program Pengembang Apple karena sejumlah alasan, umumnya adalah ketika akunnya terkait dengan akun pengembang lain yang dibekukan," kata pihak Apple dalam laporan itu.

Unduhan per minggu

Laporan itu juga memaparkan statistik soal akun pelanggan. Menurut laporan Apple, rata-rata pengunjung mingguan App Store mencapai 656.739.889 pengunjung.

Adapun rata-rata unduh aplikasi mingguan sampai 747.873.877 aplikasi. Bahkan rata-rata 1.539.274.266 aplikasi diunduh ulang dari App Store.

Laporan soal statistik App Store sendiri baru kali pertama ini dipublikasikan oleh Apple, setelah perusahaan dituntut oleh sejumlah pengembang pada tahun 2021.

Sebagai bagian dari penyelesaian gugatan itu, Apple setuju untuk mempublikasikan rincian soal transparansi toko aplikasinya, App Store mulai tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com