Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bawa Asisten Pribadi Copilot ke Windows 11, Mirip Cortana tapi Lebih Cerdas

Kompas.com - 24/05/2023, 14:27 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft membawa "asisten pribadi" berbasis kecerdasan buatan (AI) Copilot ke Windows 11. AI ini sebelumnya sudah tersedia di beberapa aplikasi buatan Microsoft, seperti Edge, Github, dan Microsoft Office.

Integrasi Copilot ke Windows 11 ini diumumkan Microsoft melalui blog resmi mereka pekan ini. 

Chief Product Officer Windows and Devices Microsoft, Panos Panay, mengatakan bahwa Windows Copilot berfungsi untuk meningkatkan produktivitas pengguna Windows 11.

Fitur ini mirip asisten digital Cortana di Windows 10. Namun, jauh lebih pintar karena bisa dikombinasikan dengan aplikasi atau tambahan software (plugin) lain seperti Bing dan ChatGPT. 

Baca juga: Microsoft Umumkan Security Copilot, AI Khusus Ahli Keamanan Siber

Windows Copilot sendiri bisa diakses melalui sebuah ikon berupa heksagon yang mirip huruf "O" di menu Start atau Taskbar Windows 11. 

Ketika ikon tersebut diklik, Windows 11 akan menampilkan Windows Copilot sebagai menu sidebar yang tampil di sebelah kanan layar, sama seperti Copilot di beberapa aplikasi Microsoft lainnya macam Edge hingga Microsoft Office. 

"Sidebar Windows Copilot ini akan tetap berada di sebelah kanan layar dan tak akan tertutup aplikasi yang sedang dibuka (stay on top). Dengan begitu, pengguna bisa memakai fitur ini secara langsung untuk menunjang produktivitas mereka," ujar Panay. 

Bisa dipakai sebagai mesin pencari

Ilustrasi Windows Copilot yang bisa jalankan berbagai fungsi sistem Windows 11.Microsoft Ilustrasi Windows Copilot yang bisa jalankan berbagai fungsi sistem Windows 11.

Ketika Windows Copilot aktif, pengguna bisa melakukan berbagai hal lewat asisten pribadi AI ini, salah satunya adalah menanyakan berbagai pertanyaan yang biasa mereka tanyakan di situs mesin pencari macam Bing dan Google.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Windows Copilot untuk menjalankan beragam fungsi umum seperti menyalin atau menempel (copy atau paste) sebuah tulisan, membuka dokumen Microsoft Office, merangkum artikel yang sedang dibaca, dan masih banyak lagi.

Nah, karena terintegrasi dengan Windows 11, pengguna tentunya akan bisa mengontrol atau mengakses beragam fitur yang ada di Windows 11. 

Beberapa di antaranya seperti mengatur volume komputer, mengubah tampilan menjadi gelap, melakukan screenshot, mengganti wallpaper, membuka aplikasi sistem macam Task Manager, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Bing AI dan ChatGPT

Menariknya, Windows Copilot juga mendukung sejumlah plugin dari aneka platform atau aplikasi populer, beberapa di antaranya adalah Spotify, Microsoft Office, Edge, Bing, hingga ChatGPT, seperti sudah disebutkan di atas tadi. 

Artinya, pengguna bisa menjalankan beragam fungsi aplikasi atau platform tersebut hanya melalui sidebar Windows Copilot saja, dan tidak perlu repot membuka aplikasi tersebut secara terpisah. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (24/5/2023), Microsoft akan menguji coba Windows Copilot pada Juni mendatang secara terbatas kepada publik, sebelum fitur ini nantinya bisa dipakai oleh pengguna secara luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com