Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Folder "Chat yang Dikunci" di WhatsApp, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 24/05/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp kembali merilis fitur baru yaitu memungkinkan pengguna mengunci chat pribadi dengan fingerprint. Chat yang dikunci tersebut nantinya akan berada pada folder baru yang muncul di bagian atas dari daftar obrolan WhatsApp.

Folder tersebut bernama “Locked Chat” atau “Chat yang dikunci" dan berada dekat dengan folder “Archived” yaitu folder yang digunakan untuk menyimpan pesan diarsipkan. Folder tersebut akan ditandaid dengan ikon gembok yang menandai bahwa terdapat pesan yang dikunci. 

Folder "Locked Chat" ini merupakan fitur baru yang dirilis WhatsApp sejak Selasa (16/5/2023). Lantas apa fungsinya dan bagaimana cara membuat folder "Chat yang Dikunci?" berikut ini ulasannya. 

Baca juga: Ramai Folder Baru “Chat yang Dikunci” di WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Bisa Muncul?

Fungsi Folder “Chat yang Dikunci”

Folder "Chat yang Dikunci" atau "Locked chats" termasuk dari  fitur baru dari WhatsApp yang beredar secara umum mulai 16 Mei 2023 lalu. Kendati demikian masih terdapat beberapa pengguna yang masih belum mendapatkannya. 

Fitur “Locked chats” memungkinkan pengguna dapat mengunci chat tertentu dengan kata sandi atau pemindaian sidik jari atau wajah. Sehingga saat akan memasuki chat yang dikunci, pengguna perlu memasukkan kata sandi khusus.

Saat pengguna mengaktifkannya, fitur "Locked chats" akan berfungsi mengamankan pesan tertentu agar tidak mudah diakses dan dibuka orang lain serta privasi lebih terjaga. Ketika fitur ini aktif, chat juga tidak akan tampil pada halaman daftar obrolan.

Pesan-pesan yang dikunci ini masuk dan tersimpan pada folder tersebut. Apabila pengguna ingin membuka folder yang dikunci maka harus memindai sidik jari atau memasukkan pin terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara membuat folder “Chat yang Dikunci” untuk meningkatkan keamanan dan privasi Anda saat chatting? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara mengunci chat WA agar masuk ke folder “Locked chats”

folder chat yang dikunci WhatsAppKompas.com/soffyaranti folder chat yang dikunci WhatsApp

  • Buka salah satu chat personal atau grup yang ingin dikunci
  • Klik nama kontak atau grup untuk membuka halaman profil pengguna
  • Gulir ke bawah dan pilih “Chat Lock”
  • Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan fingerprint dan mengunci chat
  • Setelah mengatur chat yang dikunci, nantinya obrolan chat akan masuk ke folder “Locked chats”
  • Selanjutnya notifikasi chat yang dikunci nantinya akan tetap muncul, namun informasinama pengrim, foto profil, dan preview tidak akan ditampilkan

Baca juga: Tampilan Baru WhatsApp di Android, Menu Chat dan Status Raib dari Atas

Sebagai informasi cara di atas dilakukan pada WhatsApp versi 2.23.9.75 di ponsel Xiaomi Redmi Note 10S.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com