Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Google Bard di HP dan Laptop, Bisa Jawab Aneka Pertanyaan

Kompas.com - 24/05/2023, 19:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam konferensi pengembang tahunan, Google I/O, yang digelar pada 10 Mei lalu, Google mengumumkan telah menghentikan atau menghapus daftar tunggu (wait list) untuk mengakses Bard.

Pengguna secara umum kini sudah bisa menjajal langsung Google Bard tanpa perlu mengantre. Untuk diketahui, Google Bard merupakan program chatbot artificial intelligence (AI) berbasis language model bernama LaMDA (Language Model for Dialogue Applications).

Baca juga: Mengenal Bing AI, Chatbot yang Bisa Jawab Aneka Pertanyaan Mirip ChatGPT

Bard merupakan program eksperimen Google untuk membuat layanan percakapan AI. Bard sejatinya telah diperkenalkan sejak Februari 2023. Sebulan berikutnya, Bard dirilis secara terbatas di wilayah Amerika Serikat dan Britania Raya.

Kala itu, pengguna perlu daftar dulu bila ingin mencoba Bard. Kini, daftar tunggu telah dihapus dan pengguna di 180 negara sudah bisa mencobanya. Sama seperti chatbot AI lainnya, Bard juga bisa menanggapi atau menjawab aneka perintah pengguna.

Interaksi Bard dan pengguna dibuat seperti sedang mengobrol dengan sesama manusia. Kehadiran Bard untuk bisa dicoba secara umum bisa dibilang merupakan dalam menghadapi persaingan chatbot AI.

Akan tetapi, Bard saat ini sayangnya masih memiliki keterbatasan, khususnya dalam segi bahasa. Sekarang, Bard hanya bisa dipakai untuk percakapan dalam bahasa Inggris Amerika Serikat, Jepang, dan Korea.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Bard? Bard bisa diakses di handphone (HP) atau laptop lewat website bard.google.com. Bila tertarik untuk menjajalnya, berikut adalah penjelasan cara menggunakan Google Bard.

Cara menggunakan Google Bard

Menggunakan Bard di laptop

  • Kunjungi website ini https://bard.google.com/ dan pastikan telah login akun Google.
  • Setelah itu, ruang obrolan dengan Bard bakal terbuka.
  • Ketik dan kirim perintah atau pertanyaan ke Bard.
  • Selanjutnya, Bard bakal membaca informasi itu dan menyajikan tanggapannya.

Ilustrasi cara menggunakan Google Bard di laptop.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan Google Bard di laptop.

Menggunakan Bard di HP

  • Kunjungi website ini https://bard.google.com/ lewat browser HP dan pastikan telah login akun Google.
  • Ruang obrolan dengan Bard bakal terbuka.
  • Pada ruang obrolan itu, silakan ketik perintah atau pertanyaan ke Bard.
  • Setelah terkirim, Bard bakal membaca perintah itu dan menyajikan tanggapan ke pengguna.

Cukup mudah bukan cara menggunakan Google Bard di laptop dan HP? Sebagai informasi tambahan, meski masih terbatas secara bahasa, Bard punya beberapa keunggulan. Salah satunya adalah Bard mampu menyajikan tanggapan dengan konteks waktu terkini.

Baca juga: Viral Lagu Bersuara Orang Lain, Begini Cara Bikinnya, Mudah Tanpa Aplikasi

Bard dapat menelusuri informasi di Internet dan mengolahnya menjadi tanggapan baru. Demikianlah penjelasan seputar cara menggunakan Google Bard di HP dan laptop lewat website bard.google.com, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com