Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Umumkan Project Q, Perangkat Handheld Pelengkap PS5

Kompas.com - 25/05/2023, 14:29 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Sony mengumumkan proyek pembuatan perangkat game portabel (handheld) terbarunya, Project Q. Perangkat ini diumumkan lewat ajang PlayStation Showcase 2023 yang digelar pada Kamis (25/5/2023) dini hari waktu Indonesia.

Project Q akan menjadi perangkat handheld teranyar yang dibuat Sony, setelah terakhir kali merilis konsol PlayStation Vita pada 2012 lalu.

Project Q memiliki konsep desain seperti Nintendo Switch. Project Q memiliki layar luas yang diapit oleh controller. Layar tersebut berukuran 8 inci dengan panel LCD beresolusi HD 60 FPS.

Baca juga: Daftar Game PS5 yang Bisa Dimainkan Pakai Keyboard dan Mouse

ilustrasi Project QThe Verge ilustrasi Project Q
Kemudian, alat kontrol yang digunakan adalah gamepad PS5 alias DualSense yang "dipotong" menjadi dua bagian.

Controller ini mendukung sejumlah fitur seperti haptic feedback (efek getaran realistis) dan adaptive triggers (efek feedback saat memakai senjata).

Project Q berbeda dengan konsol handheld pada umumnya. Sebab, Project Q digunakan untuk melakukan streaming game atau remote streaming dari konsol PS5, bukan memainkan game yang terinstal di dalam perangkat.

Sedikit informasi, remote streaming pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan di perangkat mobile atau komputer (PC) berspesifikasi rendah dengan secara streaming dengan mengandalkan kecepatan internet.

Teknologi ini umumnya berguna jika pengguna ingin memainkan game-nya dari lokasi yang berjauhan dengan konsolnya.

Game streaming ini berbeda dengan cloud gaming. Jika ingin melakukan game streaming, pengguna masih harus memiliki konsol utama, dalam hal ini adalah PS5.

Hal ini juga diungkapkan Sony dalam pengumuman Project Q. Menurut Sony, game yang ingin dimainkan di perangkat Project Q harus terinsal juga di PS5 milik pengguna.

Baca juga: YouTuber Sulap PlayStation 5 Jadi Lebih Ramping dan Adem

Nantinya, pengguna membutuhkan koneksi internet yang "ngebut" untuk memainkan game di Project Q. Kecepatan minimum yang dibutuhkan adalah 5 Mbps, namun, Sony merekomendasikan kecepatan 15 Mbps untuk pengalaman gaming yang lebih baik.

Karena memanfaatkan Remote Play, konsol PS5 harus terus menyala atau setidaknya berada di mode istirahat (Rest Mode) ketika pengguna ingin bermain game di Project Q.

Perlu dicatat, Project Q tidak mendukung game yang membutuhkan headset PlayStation VR atau PlayStation VR2.

Selain itu, perangkat handheld ini tidak kompatibel dengan permainan yang menggunakan aksesori di luar controller DualShock, DualSense, dan DualSense Edge.

Perangkat handheld Project Q akan meluncur tahun ini, tetapi Sony belum merincikan tanggal pastinya, sebagaimana dicatat KompasTekno dari akun Twitter resmi @PlayStation, Kamis (25/5/2023).

Harganya pun juga belum diketahui, meski bocoran yang ada mengeklaim bahwa pengguna perlu merogoh kocek sebesar 200 dollar AS (sekitar Rp 2,9 juta) untuk membeli Project Q.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com