Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Civi 3 Resmi, HP Pertama Mediatek Dimensity 8200 Ultra

Kompas.com - 26/05/2023, 07:24 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Civi 3 di pasar China pekan ini. Ponsel yang merupakan suksesor Xiaomi Civi 2 yang diperkenalkan September 2022 lalu ini adalah ponsel pertama di dunia dengan chipset Mediatek Dimensity 8200 Ultra

Kemampuan chipset ini sejatinya identik dengan "saudaranya" Dimensity 8200 tanpa embel-embel "Ultra". Artinya, "otak" ponsel ini mengandalkan delapan inti prosesor (CPU) dengan kecepatan maksimal 3,1 GHz.

Hanya saja, model ini menghadirkan pembaruan di sisi chip pemrosesan gambar (Image Signal Processing/ISP) yang sudah dipoles sedemikian rupa, mungkin untuk meningkatkan kualitas foto dari berbagai kamera yang ada di Xiaomi Civi 3

Menyoal kamera, Xiaomi Civi 3 dibekali dengan tiga kamera belakang yang dimuat dalam modul berbbentuk elips. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.77, Sony IMX800, OIS), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Xiaomi Civi 2 Meluncur dengan Dua Kamera Depan

Di bagian depannya, terdapat kamera selfie ganda yang dimuat dalam modul punch hole berbentuk kapsul yang terletak di tengah atas layar. Adapun kamera tersebut masing-masing memiliki resolusi 32 MP (f/2.0)  dan 32 MP (f/2.4, ultrawide).

Menariknya, pemotretan menggunakan kamera depan bisa didukung dengan dua lampu LED flash yang terletak di bagian kiri dan kanan atas layar alias bezel ponsel. 

Terkait layar, Xiaomi Civi 3 mengadopsi layar AMOLED 6,55 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal hingga 1.500 nits.

Ilustrasi Xiaomi Civi 3.GSMArena Ilustrasi Xiaomi Civi 3.

Layar yang sudah dilindungi dengan kaca pelapis Corning Gorilla Glass 5 ini memiliki sentuhan melengkng di sisi kiri dan kanannya untuk memberikan kesan layar bezel-less.

Fitur pendukung lainnya yang ada di Xiaomi Civi 3 mencakup RAM LPDDR5X hingga 16 GB, media penyimpanan (storage) hingga 1 TB, serta baterai 4.500 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat berdaya 67 watt.

Baca juga: Pendapatan Bisnis HP Xiaomi Turun 24 Persen

Ada pula sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) khas Xiaomi MIUI 14 yang menopang sisi software ponsel ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (26/5/2023). 

Di pasar China, Xiaomi Civi 3 terseia dalam varian warna Purple, Mint, Gold, dan Gray. Ponsel ini dijual dengan harga termurah 2.499 yuan (sekitar Rp 5,2 juta) untuk varian 12 GB/256 GB dan akan dijual di negera asalnya akhir Mei ini. 

Belum ada informasi apakah Xiaomi Civi 3 akan masuk ke Indonesia atau tidak. Namun biasanya, ponsel Xiaomi Civi Series dibuat khusus untuk pasar China, dan namanya kemungkinan akan diubah (rebrand) ketika masuk pasar lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com