Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Bikin "Username"

Kompas.com - 26/05/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp terus menghadirkan fitur-fitur anyar agar bisa mempermudah pengguna berkomunikasi satu sama lain. Yang terbaru, pengguna kabarnya bakal bisa menggunakan nama julukan di WhatsApp melalui fitur yang bernama "Username".

Jika dibayangkan, fitur ini nantinya akan mirip seperti fitur username di Telegram dan di media sosial lain seperti Twitter, Instagram, dkk. Artinya, satu pengguna WhatsApp mungkin akan memiliki username berbeda dengan pengguna WhatsApp lainnya. 

Nah, fitur WhatsApp Username sendiri mencuat berdasarkan informasi terbaru yang diumbar WABetaInfo, sebuah blog yang gemar membagikan fitur-fitur terbaru WhatsApp di masa depan.

Baca juga: Cara Ganti Username Twitter di PC, Android, dan iOS

Dalam postingan itu, WABetaInfo menyebut bahwa dengan fitur Username, pengguna akan lebih mudah dan aman berkomunikasi dengan orang tanpa khawatir privasi mereka terancam. 

Sebab, fitur ini konon memungkinkan pengguna WhatsApp bercakap-cakap dengan pengguna WhatsApp lainnya tanpa harus mengetahui nomor ponsel mereka, asalkan tahu nama julukan alias username WhatsApp pengguna tersebut. 

Adapun percakapan-percakapan tersebut, lanjut WABetaInfo, diduga kuat masih akan dilindungi dengan enkripsi dua titik alias end-to-end encryption khas WhatsApp supaya tidak bisa disadap.

Ilustrasi fitur Username di WhatsApp.WABetaInfo Ilustrasi fitur Username di WhatsApp.

Sebagaimana tampak pada gambar di atas, WABetaInfo menjelaskan bahwa untuk membuat username WhatsApp, pengguna nantinya cukup pergi ke menu profil WhatsApp yang bisa diakses melalui "Settings" > "Profile".

Baca juga: WhatsApp Bikin Fitur Channels Mirip Telegram

Di sini, mereka bisa membuat username WhatsApp untuk akun mereka dengan mengeklik kolom "WhatsApp username".

Belum jelas bagaimana fitur Username ini nantinya akan bekerja di WhatsApp, dan belum jelas apakah pengguna bisa memakai username secara bebas, alias tanpa batasan nama atau karakter, atau tidak.

Belum ada informasi resmi pula kapan fitur ini, atau apakah fitur ini benar-benar bakal ada di WhatsApp atau tidak. 

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (26/5/2023), fitur WhatsApp Username ini diklaim masih dalam pengembangan dan sudah hadir di versi WhatsApp Beta Android versi 2.23.11.15.

Biasanya, berbagai fitur yang diuji coba di versi WhatsApp Beta akan hadir di versi WhatsApp "reguler" dalam beberapa waktu ke depan.

Dengan kata lain, fitur ini kemungkinan bisa benar-benar dinikmati pengguna umum dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com