Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Galaxy S23 FE Lebih Cepat dari Biasanya?

Kompas.com - 29/05/2023, 09:08 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung dilaporkan bakal meluncurkan Galaxy S23 Fan Edition (FE) lebih cepat dari biasanya. Bahkan smartphone tersebut disebut bakal rilis lebih dulu ketimbang Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

Kabar ini mencuat setelah pembocor (tipster) gadget Revegnus memposting bocoran baru di akun Twitter-nya dengan handle @Tech_Reve.

Menurut tipster itu, Galaxy S23 FE bakal rilis 26 Juli mendatang. Jadwal ini (bila akurat), lebih cepat dibanding jadwal peluncuran smartphone lipat Samsung, yang biasanya dihelat pada Agustus.

Bila menilik tradisi Samsung, ponsel Galaxy Fan Edition (FE) biasanya dirilis akhir tahun atau di awal tahun yang berbeda dengan versi regulernya. Artinya, Galaxy Fan Edition biasanya rilis setelah smartphone lipat baru Samsung diluncurkan.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S21 FE, Flagship yang Datang Terlambat

Samsung Galaxy S20 misalnya, dirilis perdana secara global pada Februari 2020. Kemudian  Galaxy S20 FE diluncurkan September 2020. Sementara itu Galaxy S21 dirilis Januari 2021, kemudian Galaxy S21 FE meluncur Januari 2022.

Nah, bila dibandingkan dengan bocoran dari Revegnus tadi, maka Galaxy S23 FE tak hanya mendahului duo ponsel lipat Samsung yang biasa dirilis Agustus, tetapi juga lebih cepat dibanding pendahulunya. 

Adapun alasannya Samsung memajukan jadwal peluncuran Galaxy S23 FE, disebut karena penjualan lini seri Samsung Galaxy S23 turun signifikan pada bulan ini.

Penjualan seri Samsung Galaxy S23 pada kuartal II-2023 turun lebih dari 20 persen dibanding periode yang sama tahun 2022. Padahal, penjualan smartphone ini terbilang sukses saat dirilis.

Sederhananya, Samsung kurang puas dengan penjualan smartphone flagship-nya itu. Untuk itu, Samsung memajukan peluncuran Galaxy S23 FE guna menutupi penurunan performa penjualan tersebut.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S23 Versi Tangguh, Apa Keunggulannya?

"Karena lesunya penjualan seri S, ada kemungkinan Samsung merilir Galaxy S23 FE di wilayah tertentu sebelum ponsel lipat baru dirilis. Galaxy S23 FE ditaksir rilis sekitar Juli atau Agustus," kata Revegnus di Twitter.

 

Sayangnya Samsung belum buka suara soal kabar ini. Jadi, jadwal peluncuran Galaxy S23 FE pada Juli tahun ini masih sebatas rumor.

Samsung Galaxy S23 FE sendiri bakal menjadi alternatif dari Galaxy S23 dengan harga yang terjangkau.

Secara umum smartphone Fan Edition mengusung spesifikasi yang cukup mirip dengan versi reguler. Hanya saja, Samsung menggunakan beberapa spesifikasi yang berbeda agar harganya bisa dibanderol lebih murah.

Samsung Galaxy S23 FE kabarnya bakal memakai chipset Exynos 2200 ketimbang Snapdragon 8 Gen 2 seperti di Galaxy S23 lainnya.

Pada aspek kamera, smartphone ini ditaksir bakal mengusung kamera utama 50 MP. Fitur lainnya yang kabarnya akan melengkapi Galaxy S23 FE yaitu baterai 4.500 mAh, RAM 6/8 GB hingga penyimpanan 128/256 GB, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (29/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com