Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Dicoba, Begini Dampak “WA Me Settings” bagi Penerima dan Pengirim Link

Kompas.com - 29/05/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, warganet di media sosial ramai membicarakan tentang salah satu format chat di aplikasi WhatsApp (WA) yang bernama “WA Me Settings”. Secara spesifik, WA Me Settings merupakan chat yang berupa link atau tautan.

Tulisan dari link WA Me Settings adalah “wa(.)/settings” (tanpa tanda kutip dan buka-tutup kurung). Chat WA Me Settings ramai dibicarakan warganet karena efeknya yang dapat mengganggu pengguna.

Baca juga: Jangan Pernah Kirim “WA Me Settings” atau Aplikasi WhatsApp Bakal Eror!

Di media sosial seperti Twitter, banyak warganet yang mengungkapkan apabila link WA Me Settings dapat membuat aplikasi WhatsApp mereka eror dan keluar sendiri (force close). Contoh perbincangan ini bisa dilihat lewat twit dari akun base @sbyfess.

Pada twit tersebut, pengirim memberi peringatan ke pengguna lain agar tidak mencoba kirim chat WA Me Settings, tetapi tak dijelaskan kenapa dilarang. Kemudian, di kolom komentar, ada yang membagikan video WhatsApp eror akibat WA Me Settings dan keluar sendiri.

Kami secara pribadi pun sudah sempat mencoba untuk membuat dan mengirim link WA Me Settings di beberapa platform ponsel dan versi aplikasi WhatsApp. Lantas, apa yang terjadi apa yang terjadi saat menerima WA Me Settings?

Temuan kami mengindikasikan link WA Me Settings dapat merugikan pengguna. Oleh karena itu, jangan membagikan link WA Me Settings ke pengguna lain. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan dampak WA Me Settings.

Dampak WA Me Settings yang lagi ramai dibicarakan

Berdasarkan percobaan yang kami lakukan, dampak WA Me Settings adalah membuat aplikasi WhatsApp eror dan keluar sendiri tiba-tiba. Dampak tersebut berlaku bagi pengirim dan penerima link WA Me Settings.

Link “wa.me” sebetulnya biasa dipakai untuk kirim chat ke pengguna tanpa harus menyimpan nomor teleponnya. Akan tetapi, bila ditambahkan ekstensi “/settings” maka bisa membuat aplikasi WhatsApp eror.

Link WA Me Settings tampaknya memicu bug di aplikasi WhatsApp, sehingga bisa eror dan keluar sendiri. Link WA Me Settings yang terdapat di ruang obrolan sejatinya tak perlu diklik dan dibuka untuk membuat WhatsApp eror.

Ketika kami membuka ruang obrolan yang berisi link WA Me Settings, aplikasi WhatsApp bakal secara otomatis tertutup dan kembali ke halaman “Home” ponsel. Secara umum, dampak WA Me Settings seperti ini terjadi di ponsel berbasis Android.

Namun, dari percobaan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa aplikasi WhatsApp eror akibat WA Me Settings ternyata tidak terjadi di semua ponsel Android.

Aplikasi WhatsApp eror akibat WA Me Settings kami temukan pada aplikasi WhatsApp beta versi 2.23.10.19 di ponsel Android. Saat membuka ruang obrolan yang berisi link WA Me Settings di platform tersebut, aplikasi WhatsApp tiba-tiba menutup sendiri.

Baca juga: 2 Cara Membuat Link WA dengan Pesan Otomatis Saat Dibuka

Lewat aplikasi WhatsApp beta versi 2.23.10.19 di ponsel Android, kami mencoba untuk menguji dampak WA Me Settings dalam dua model, yaitu sebagai pengirim dan penerima link. Hasilnya, aplikasi WhatsApp tetap eror dan keluar sendiri di kedua pengujian.

Setelah keluar sendiri, pada layar “Home” ponsel, kami menjumpai pesan bahwa terdapat aplikasi terdapat bug dan disarankan untuk menghapus penyimpanan WhatsApp, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Pesan peringatan yang muncul setelah aplikasi WhatsApp keluar sendiri gara-gara membuka ruang obrolan yang terdapat link WA Me Settings.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Pesan peringatan yang muncul setelah aplikasi WhatsApp keluar sendiri gara-gara membuka ruang obrolan yang terdapat link WA Me Settings.

Sementara itu, pada aplikasi WhatsApp beta versi 2.23.11.18 di ponsel Android, kami malah tidak menemukan bahwa aplikasi WhatsApp eror dan keluar sendiri ketika membuka ruang obrolan yang berisi link WA Me Settings.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com