Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chat "WA Me Settings" Bikin WhatsApp Crash, Ini Penjelasan Teknisnya

Kompas.com - 29/05/2023, 14:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia maya belakangan diramaikan dengan isi pesan (chat) yang bisa membuat WhatsApp crash alias error. Pesan tersebut adalah "wa.me/settings", yang ditulis tanpa tanda petik.

Pantauan KompasTekno, Senin (29/5/2023), WhatsApp eror gara-gara chat "wa.me/settings" dirasakan pengguna aplikasi WhatsApp versi beta dan stabil di ponsel Android. Sementara pengguna WhatsApp versi iOS, web, dan desktop, tidak terdampak. Artinya, aplikasi di versi iOS, web, dan desktop masih bisa berjalan lancar meskipun ada chat "WA me settings".

Ketika chat "wa.me/settings" dikirim ke ruang obrolan personal atau grup, WhatsApp langsung crash sehingga pengguna terpaksa keluar dari aplikasi WhatsApp.

Sepengalaman KompasTekno, setelah keluar dari WhatsApp, kami mendapatkan jendela notifikasi "WhatsApp keeps stopping" dan "Hapus simpanan untuk WhatsApp", seperti gambar di bawah.

Baca juga: Jangan Pernah Kirim “WA Me Settings” atau Aplikasi WhatsApp Bakal Eror!

Kami menutup aplikasi dan menghapus cache, namun cara ini tak mempan, WhatsApp tetap mengalami crash.

Ketika chat wa.me/settings dikirim ke ruang obrolan personal atau grup, WhatsApp langsung crash sehingga pengguna terpaksa keluar dari aplikasi WhatsApp.Ist Ketika chat wa.me/settings dikirim ke ruang obrolan personal atau grup, WhatsApp langsung crash sehingga pengguna terpaksa keluar dari aplikasi WhatsApp.
Ada bug dan masalah pada WebView

Peneliti keamanan siber independen yang juga seorang bug hunter (pemburu celah keamanan internet) Afif Hidayatullah mengatakan bahwa kemungkinan ada bug di WhatsApp.

"Kalau ditanya kenapa hanya pengguna whatsapp versi stabil/beta di HP Android saja yang terdampak, kemungkin karena bug-nya hanya ada di versi tersebut," kata Afif melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Senin siang.

Baca juga: Apakah Chat di WhatsApp Bisa Membuat Memori HP Penuh? Begini Penjelasannya

Selain bug, kata Afif, WhatsApp eror gara-gara Wa me settings juga bisa disebabkan karena masalah pada WebView Sistem Android. WebView adalah aplikasi pre-installed alias bawaan Android yang memungkinkan pengembang menampilkan halaman web di dalam aplikasi.

"Umumnya, ketika kita mengirimkan link, WhatsApp akan melakukan pembacaan pada WebView," kata Afif.

Afif menjelaskan, link "wa.me/settings" tersebut berisi shortcut link berbagi akun WhatsApp (wa.me) dan diarahkan ke path "settings" di dalam aplikasi WhatsApp.

"Hal itu memungkinkan WebView mengalami kebingung untuk menampilkan, sehingga gagal memproses tampilan. Karena tidak mungkin menampilkan setting menu pada ruang obrolan," kata Afif.

Hal tersebut membuat aplikasi WhatsApp eror dan crash.

Cara mengatasi WhatsApp crash akibat chat wa.me/settings

Afif mengatakan, WhatsApp crash akibat chat wa.me/settings bisa diatasi dengan cara yang cukup sederhana.

Pengguna hanya perlu menghapus pesan "wa.me/settings" yang ada di ruang obrolan WhatsApp, baik personal atau grup.

Pengguna WhatsApp di HP Android bisa menghapus pesan via WhatsApp web atau desktop. Setelah dihapus, pengguna bisa membuka ruang obrolan dengan normal lagi.

Cara mengatasi WhatsApp eror gara-gara chat "wa.me/settings" bisa disimak di artikel "WhatsApp Eror gara-gara Chat “WA Me Settings”, Begini Cara Mengatasinya".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com