Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Video 4K Konser Suga BTS Pakai Galaxy S23 Ultra, Storage Aman Hasil Gak Ada Lawan

Kompas.com - 29/05/2023, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suga BTS alias Agust D menggelar konser solo di ICE BSD, Tangerang pada 26-28 Mei 2023. Konser ini bertajuk SUGA | Agust D D-Day in Jakarta.

KompasTekno pun berkesempatan seru-seruan dan menikmati penampilan Suga pada hari pertama konser, 26 Mei 2023. Konser solo Agust D ini berlangsung selama kurang lebih dua jam, mulai sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Kami berada di area festival, tepatnya di CAT 1A.

Sepanjang konser, Kami mengabadikan tiap momen dan penampilan Min Yoongi (nama asli Suga) menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G varian RAM 12 GB dan storage 512 GB. Kami mengandalkan perekaman resolusi tinggi (high-resolution) 4K (UHD) dengan frame rate 30 dan 60 fps.

Lantas, bagaimana performa Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ketika "disiksa" dengan cara digunakan untuk merekam 4K sepanjang konser SUGA | Agust D D-Day in Jakarta?

Baca juga: Melihat Senyum Suga BTS Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Video tajam, terang, dan stabil

Sepengalaman kami, mode perekaman 4K di 30/60 fps pada Samsung Galaxy S23 Ultra menghasilkan video yang tajam dan stabil, baik saat siang atau pun malam hari.

Bisa dibilang, kamera depan atau kamera belakang S23 Ultra nggak ada yang gagal.

Ini dikarenakan, Galaxy S23 Ultra dibekali total lima kamera. Satu kamera depan beresolusi 12 MP (f/2.2). Kemudian, ada empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 200 MP (f/1.7), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Kamera tersebut juga dilengkapi dengan teknologi peredam guncangan (OIS dan VDIS) bakal mengompensasi, alias mengurangi, guncangan dengan menggerakkan lensa ke arah berlawanan. Tujuannya supaya gambar dapat diambil secara stabil.

Dengan kamera yang memiliki OIS dan VDIS, ditambah dengan tangan kami yang cukup stabil, tak heran bila hasil video 4K yang kami ambil bisa tajam dan stabil. Meski, kami merekamnya hanya bermodal topangan tangan dan sambil berjoget "tipis" mengikuti irama musik.

Baca juga: Memotret Suga BTS dengan HP Konser Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga memiliki fitur Super Steady yang bisa digunakan pengguna, terutama yang memiliki tangan tremor, untuk menstabilkan gambar video dari guncangan saat video tersebut direkam.

Sepengalaman kami, merekam dengan Galaxy S23 Ultra juga terasa mudah karena tinggal "ready and shoot", tanpa pengaturan yang menjelimet.

Kami tinggal membuka aplikasi kamera, klik mode video, dan klik tombol shutter. Hal lain yang kami suka dari Galaxy S23 Ultra adalah kemampuan fokus kamera yang cepat.

Selama merekam penampilan Suga di atas panggung, kami menggunakan kamera utama 200 MP (zoom 1x) untuk merekam suasana panggung dan penonton dalam bidang yang luas (wide). Hasilnya, fancam memiliki kualitas HD alias jernih dan terang.

Selain itu, kami juga banyak mengandalkan dua kamera telefoto Samsung S23 Ultra untuk merekam Suga dengan lebih dekat.

@kompastekno sent from my Galaxy #s23ultra ???? #suga #agustd #agustdtour #jakarta #dday #ddaytour #fyp ? original sound - Tekno Kompascom

Pada dasarnya, kamera Galaxy S23 Ultra ini sudah terang dengan setelan pabrik. Ketika panggung menampilkan efek lighting atau background, kamera Galaxy S23 Ultra bisa menjadi terlalu terang alias over exposure. Untuk mengakalinya, kami selalu menurunkan exposure ke paling rendah selama menonton konser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com