Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada E-mail Pengumuman Palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Ciri-cirinya

Kompas.com - Diperbarui 31/05/2023, 08:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran program lowongan kerja di perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah ditutup sejak 20 Mei lalu. Pendaftarannya sendiri dilakukan melalui website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.  

Lantaran pendaftaran telah ditutup, peserta sekarang tinggal menunggu pengumuman untuk melangsungkan tahap berikutnya. Dalam menunggu pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2023, peserta perlu senantiasa waspada.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023 di rekrutmenbersama.fhcibumn.id

Pasalnya, terdapat potensi e-mail pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023 yang bisa merugikan peserta. Antusiasme masyarakat yang begitu tinggi terhadap Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa dimanfaatkan oleh penipu.

Pada e-mail pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023, peserta mungkin bakal diminta untuk membayar sejumlah uang, padahal ketentuan asli dari Kementerian BUMN dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) tidak demikian.

Oleh karena itu, peserta yang tengah menunggu tahap berikutnya diimbau untuk selalu berhati-hati terhadap e-mail pengumuman palsu Rekrutmen Bersama 2023. Lantas, apa ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023?

FHCI selaku panitia penyelenggara memberikan beberapa ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023 yang berpotensi merugikan peserta. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Dikutip dari salah satu postingan akun Instagram resmi milik FHCI dengan handle @fhci.bumn, adapun ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023 adalah sebagai berikut:

  • Peserta diminta untuk mengirimkan data diri secara lengkap.
  • Peserta diminta untuk melakukan pembayaran tiket pesawat dan diberikan janji bahwa semua biaya akan diganti/direimburse.
  • Penggunaan logo buram/kabur pada kop surat.
  • Selain ketiga ciri di atas, pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa diindikasi juga dari media yang digunakan untuk menyampaikannya. Pengumuman yang disampaikan lewat media selain milik panitia penyelenggara berpotensi besar palsu.

Itulah ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Sebagai informasi tambahan yang perlu diingat, proses rekrutmen dalam program lowongan kerja di BUMN ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Jadi, bila terdapat pihak yang meminta uang dan mengatasnamakan dari program Rekrutmen Bersama BUMN 2023, bisa dibilang itu adalah penipuan. Abaikan saja permintaan uang dari penipu atau pihak yang tak bertanggung jawab.

Kemudian, perlu diketahui juga, pengumuman tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 hanya disampaikan melalui media asli milik FHCI.

Sama seperti saat pendaftaran, pengumuman setiap tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 yang resmi juga dibagikan hanya lewat website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

Baca juga: Cara Membuat SKCK Online buat Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Peserta dapat memantau terus pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2023 melalui website tersebut. Demikianlah penjelasan ciri-ciri pengumuman palsu Rekrutmen Bersama BUMN 2023, semoga bermanfaat dan waspadalah selalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com