Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARM Rilis 3 CPU Cortex Baru untuk Chipset Anyar Mediatek

Kompas.com - 30/05/2023, 17:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor ARM resmi meluncurkan sejumlah model prosesor (CPU) mobile terbarunya pekan ini, di sela ajang pameran teknologi Computex 2023 di Taiwan.

Ada tiga CPU yang diumumkan ARM, yaitu Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520, di mana ketiganya akan dipasang untuk chipset flagship baru bikinan Mediatek.

Seperti namanya, ketiga CPU ini, yang bakal bisa bekerja bersamaan, merupakan suksesor dari Cortex-X3, Cortex-A715, dan Cortex-A510 yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun lalu. 

Meski namanya berbeda, ketiga prosesor mobile ARM generasi terbaru ini, yang semuanya memiliki arsitektur 64-bit, memiliki tugas yang sama seperti generasi sebelumnya, namun lebih bertenaga dan tetap hemat daya. 

Baca juga: Intel dan Arm Kerja Sama Bikin Chip HP Baru

CPU Cortex-A4 ditujukan untuk menangani beban kinerja ponsel yang sangat memakan tenaga, dengan kecepatan clock yang disinyalir bisa mencapai 3,4 GHz, tertinggi dari CPU buatan ARM selama ini.

Performa CPU ini diklaim 15 persen lebih mumpuni dari Cortex-A3 dengan konsumsi daya yang sama. 

Kemudian CPU Cortex-720 merupakan prosesor untuk menjalankan berbagai proses yang tak begitu menguras sistem ponsel. ARM mengeklaim CPU ini 20 persen lebih efisien dibanding Cortex-A715. 

Sementara itu, CPU Cortex-A520 merupakan prosesor untuk menangani berbagai proses atau aplikasi yang berjalan di belakang (background) sistem ponsel untuk menghemat daya. CPU ini diklaim 22 persen lebih efisien dari Cortex-A510. 

Ilustrasi performa ARM Cortex-X4 apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.ARM Ilustrasi performa ARM Cortex-X4 apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Nantinya, ketiga CPU ini bisa dikombinasikan dalam satu chipset dengan bantuan DSU-120 (DynamIQ Shared Unit), sebuah teknologi yang memungkinkan chipset memakai sekaligus memanfaatkan tenaga dari sejumlah prosesor dengan jenis yang berbeda.

Adapun konfigurasi CPU yang diadopsi vendor chipset kemungkinan masih akan mengadopsi delapan inti (core) CPU, namun dengan konfigurasi 1+5+2, alih-alih 1+3+4. 

Dengan kata lain, para vendor chipset bisa mengkonfigurasikan CPU terbaru ARM ini dalam konfigurasi 1 CPU Cortex-X4, 5 CPU Cortex-720, dan 2 CPU Cortex-A520, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (30/5/2023).

3 GPU baru

Selain CPU, ARM juga memperkenalkan jajaran pengolah grafis (GPU) terbarunya yang berasal dari keluarga GPU ARM "Generasi ke-5".

Ada tiga GPU yang termasuk ke seri ini, yaitu Immortalis-G720 untuk ponsel flagship, serta GPU Mali-G720 dan Mali-G620 untuk ponsel kelas premium dan menengah. 

Baca juga: MediaTek Rilis Dimensity 8200-Ultra, Chipset Kolaborasi dengan Xiaomi

Model tertinggi, yaitu Immortalis-G720 dibekali dengan dukungan teknologi Ray Tracing dan Deffered Vertex Shading (DVS). Teknologi DVS diklaim bisa mengurangi bandwidth ketika GPU memproses elemen visual di game-game yang tengah dijalankan.

Nah, rencananya, konfigurasi prosesor terbaru ARM yang melibatkan Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520, begitu juga GPU terbaru tadi, akan hadir di sejumlah chipset buatan beberapa perusahaan kenamaan menjelang akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Kabarnya, Mediatek sudah mengonfirmasi via laman resmi Weibo (media sosial asal China) mereka bahwa jajaran CPU terbaru ARM ini akan hadir di chipset flagship terbarunya.

Tidak disebutkan apa nama chipset ini, namun sejumlah rumor menyebut bahwa System-on-Chip (SoC) tersebut akan bernama Dimensity 9300, suksesor dari Dimensity 9200 yang diperkenalkan akhir 2022 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com