Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu WA Web Plus? Ini Fitur-fiturnya dan Cara Download

Kompas.com - 31/05/2023, 19:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

Pernahkah Anda tidak sengaja membiarkan WhatsApp Web terbuka pada laptop atau PC di ruang publik? Tentu hal ini cukup mengkhawatirkan keamanan privasi Anda. Terlebih lagi Anda berada di ruang kantor terbuka atau cafe yang cukup ramai berlalu-lalang pengunjung.

Anda tentu tak ingin seseorang mengintip percakapan atau kontak WhatsApp Anda di laptop. Maka dari itu untuk tetap menjaga privasi dan keamanan obrolan WhatsApp Web, Anda dapat menutup aplikasi saat akan meninggalkan laptop atau dengan memanfaatkan fitur blur dari WA Web Plus.

WA Web Plus merupakan salah satu ekstensi dari Google Chrome yang memiliki fitur blur pada aplikasi yang berguna menjaga privasi pengguna ketika membuka WA di ruang terbuka.  Selengkapnya berikut ini uraian pengertian WA Web Plus, fitur-fiturnya, dan cara mengunduhnya. 

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web di Browser untuk Blur Chat

Apa itu WA Web Plus?

WA Web Plus merupakan salah satu ekstensi dari browser Google Chrome. Ekstensi sendiri perupakan program perangkat lunak versi kecil yang berguna untuk menyesuaikan pengalaman menjelajah.

WA Web Plus memiliki fitur lebih beragam daripada WA Web biasa. Salah satu fiturnya adalah berguna untuk menjaga privasi pengguna yakni dapat memburamkan chatting di layar laptop atau PC hingga mengunci layar WhatsApp.

WA Web Plus juga dilengkapi dengan beberapa tools bisnis, seperti pesan siaran, pesan yang dijadwalkan, dan lainnya. Ekstensi ini hanya dapat digunakan di browser Google Chrome. Untuk mengunduh WA Web Plus pengguna dapat menuju toko aplikasi Chrome Web Store.

Fitur-fitur WA Web Web Plus

WA Web Plus merupakan ekstensi dari Chrome yang memiliki fitur lebih banyak dibanding WA biasa. Berikut ini beberapa fitur unggulannya yang dapat Anda coba:

Memburamkan pesan, nama kontak, dan foto profil

Melalui fitur blur ini pengguna tak perlu khawatir lagi apabila terlupa tidak menutup WhatsApp Web di layar laptop yang terbuka. Salah satu fitur unggulan dari WA Web Plus ini dapat membantu Anda menjaga privasi obrolan WhatsApp. 

Mengatur kata sandi pada layar WhatsApp Web

Jika Anda terbiasa meninggalkan laptop Anda dengan kondisi aktif penting untuk memastikan keamanan atau privasi Anda terutama pada aplikasi WhatsApp. Dengan WA Web Plus pengguna bisa mengatur sandi pada layar WhatsApp Web agar tetap terjaga kemanan privasinya.

Atur wallpaper khusus

Aplikasi seluler WhatsApp memungkinkan Anda mengatur latar belakang/background khusus untuk obrolan tertentu.

Mengaktifkan folder obrolan

WA Web Plus juga menyediakan fitur folder layaknya aplikasi Telegram. Anda bisa mengklasifikasikan obrolan WA mana yang belum terbaca, grup, pribadi, atau perusahaan.

Fitur statistik

Melalui fitur ini WhatsApp akan menampilkan ringkasan mengenai statistik jumlah chatting, obrolan grup, dan kontak yang Anda miliki. Fitur ini cocok bagi Anda yang ingin menggunakan WhatsApp sebagai alat bisnis.

Selain fitur-fitur di atas masih ada beberapa fitur lain dari WA Web Plus yang bisa Anda akses di situs berikut ini. Kendati demikian sebagian fitur-fitur tersebut hanya dapat diakses apabila pengguna berlangganan secara berbayar mulai dari 12 dolar AS atau sekitar Rp 180.000

Baca juga: Siap-siap, Pesan di Grup WhatsApp Bisa Dilaporkan sebagai Spam

Cara download WA Web Plus

WA Web Plus Kompas.com/soffyaranti WA Web Plus

  • Masuk ke Google Chrome
  • Selanjutnya menuju tautan berikut ini
  • Kemudian klik “Add to Chrome”
  • Instal WA Web Plus
  • Selanjutnya tunggu ekstensi terpasang di browser Anda
  • Klik WA Web Plus dan masuk/login dengan memindai kode QR 
  • Setelah itu Anda dapat menggunakan WA Web Plus layaknya aplikasi WhatsApp Web seperti biasa

Pada sisi bagian kanan Anda dapat memilih fitur-fitur dari WA Web Plus. Centang salah satu fitur yang ingin diterapkan misalnya saja “Blur recent messages” yang berfungsi untuk memburamkan pesan dari obrolan Anda dan pengguna lain

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com