Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Penyimpanan WhatsApp Tiba-tiba Penuh? Begini Penyebabnya

Kompas.com - 01/06/2023, 09:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam satu waktu, jumlah penyimpanan data di aplikasi WhatsApp (WA) bisa meningkat dan penuh secara tiba-tiba. Jika penyimpanan WA penuh maka penggunaan memori internal ponsel pun ikut bertambah.

Untuk menghindari masalah konsumsi memori ponsel tinggi karena penyimpanan WA penuh, pengguna perlu mengetahui penyebabnya. Lantas, kenapa penyimpanan WA tiba-tiba penuh? Selengkapnya, berikut adalah penyebab penyimpanan WA penuh.

Baca juga: Ramai Folder Baru “Chat yang Dikunci” di WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Bisa Muncul?

Penyebab penyimpanan WA penuh

Perlu diketahui, setiap chat yang diterima pengguna, baik berupa pesan teks atau kiriman media, seperti foto, video, audio, dan gambar, semuanya bakal menjadi sekumpulan data yang tersimpan di WhatsApp.

Chat bakal terus menumpuk dari waktu ke waktu yang dapat membuat penyimpanan WA penuh. Dari beberapa jenis chat, kiriman file media bisa dibilang menjadi penyebab penyimpanan WA cepat penuh.

Bila diakumulasi sepanjang pemakaian WhatsApp, besar file media yang diterima dan disimpan pengguna mungkin bisa mencapai lebih dari 2 GB. File media yang tersimpan di WA bisa datang dari kiriman di ruang obrolan pribadi ataupun grup.

Ruang obrolan grup bisa menjadi sumber menumpuknya file media di penyimpanan WhatsApp. Bayangkan bila interaksi di grup ramai dan banyak anggota yang kirim media. Dengan banyaknya kiriman media itu, tak heran bila penyimpanan WA penuh tiba-tiba.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan penyimpanan penuh di WA? Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyimpanan WA penuh adalah membersihkan sumbernya, tak lain tak bukan adalah file media.

Untuk lebih lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengosongkan penyimpanan WhatsApp dengan menghapus file media yang terkirim dan tersimpan ke pengguna.

Cara membersihkan penyimpanan WA

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan dan Data” dan klik “Kelola Penyimpanan”.
  • Di opsi “Kelola Penyimpanan”, terdapat terdapat tiga pilihan penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp.
  • Pertama, pengguna bisa menghapus media-media dengan besar file lebih dari 5 MB yang dikirimkan dari semua ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  • Kemudian, pengguna dapat menghapus media yang telah diteruskan berkali-kali.
  • Ketiga, pengguna juga bisa menghapus media yang dikirimkan dari tiap ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  • Di ketiga pilihan tersebut, pengguna dapat menghapus semua media sekaligus atau memilih sebagian saja.

Dengan membersihkan file media, penyimpanan WhatsApp akan berkurang, sehingga tidak terlalu membebani memori internal ponsel. Cukup mudah bukan cara mengosongkan penyimpanan WA?

Sebagai informasi tambahan, cara tersebut dijajal pada aplikasi WhatsApp di iPhone dengan sistem operasi iOS 16.4.1. Beda wadah yang digunakan mungkin bakal sedikit berbeda pula langkahnya.

Baca juga: Trik Membersihkan WhatsApp Tanpa Hapus Chat biar Memori HP Tak Penuh

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab penyimpanan WA penuh tiba-tiba dan cara mengatasinya dengan menghapus file media di ruang obrolan pribadi ataupun grup yang dirasa tak terlalu penting lagi, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com