Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Ungkap Alasan Pengguna Ponsel Android Pindah ke iPhone

Kompas.com - 04/06/2023, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga riset konsumen Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) merilis laporan yang memaparkan alasan pengguna ponsel Android beralih ke iPhone

Dalam riset yang dirilis pada akhir Mei tersebut, CIRP mengatakan bahwa mayoritas pengguna Android beralih ke iPhone bukan karena ingin berada di ekosistem Apple, melainkan karena ponsel Android mereka lemot atau rusak dan perlu diganti.

Pengguna Android yang pindah ke iPhone dengan alasan ini mencapai 53 persen dari total responden yang disurvei CIRP. Tidak disebutkan berapa jumlah responden di survei CIRP.

 Baca juga: iPhone Tenggelam di Danau 1 Tahun, Masih Berfungsi dan Kembali ke Pemilik

Selain perangkat Androidnya sudah lemot, sekitar 26 persen responden CIRP juga mengatakan bahwa mereka beralih ke iPhone karena ingin merasakan beragam fitur baru yang tidak ada di ponsel Android. 

Beberapa fitur tersebut adalah fitur kamera, tampilan antarmuka (UI) yang lebih mulus, fitur khusus dari sebuah aksesori yang hanya bisa dinikmati di perangkat Apple, dan lain sebagainya. 

Grafik alasan pengguna Android beralih ke iPhone versi CIRP.CIRP Grafik alasan pengguna Android beralih ke iPhone versi CIRP.
Lalu, 15 persen dari total responden CIRP menyebut bahwa peralihan ke iPhone didorong oleh biaya yang lebih "murah". Lebih murah di sini menurut responden, adalah mereka rela membeli iPhone dibanding ponsel Android untuk harga yang sama. 

Kemudian, alasan terakhir responden CIRP beralih dari Android ke iPhone adalah mereka ingin lebih mudah berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat mereka menggunakan aplikasi-aplikasi yang hanya eksklusif di ekosistem Apple. 

Beberapa aplikasi tersebut mencakup iMessage, FaceTime, aplikasi untuk berbagi foto via iCloud, dan lain sebagainya. 

CIRP menyebut bahwa responden yang mengakui alasan ini hanya berjumlah 6 persen dari total responden.

Baca juga: Ini Dia Negara yang Jual iPhone 14 Termurah di Dunia

Dengan kata lain, hanya sedikit pengguna ponsel Android beralih ke iPhone hanya karena ekosistem dan alat komunikasi yang berjalan khusus di ponsel iOS dan perangkat Apple lainnya tersebut.  

Secara keseluruhan, CIRP sendiri menilai bahwa jumlah peralihan dari ponsel Android ke iPhone meningkat hingga 15 persen dalam beberapa tahun belakangan, dan meningkat sedikit demi sedikit dalam beberapa bulan belakangan ini. 

Adapun alasan lumrah pengguna Android migrasi ke iPhone adalah mereka hanya ingin memiliki HP dengan sesuatu atau fitur yang baru, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AppleInsider, Minggu (4/6/2023). 

Riset lengkap CIRP mengenai alasan pengguna Android beralih ke iPhone bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com