BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Harga HP Samsung Galaxy S21 FE 5G Kian Terjangkau, Ini Fitur-fitur Unggulannya

Kompas.com - 05/06/2023, 18:30 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Pada 2022, Samsung meluncurkan versi fan edition dari S21 Series, yakni Galaxy S21 FE 5G di pasar Indonesia. Kehadiran flagship tersebut terasa spesial karena memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang versi S21 reguler yang kala itu dibanderol mula dari Rp 12 jutaan.

Saat diluncurkan pertama kali, Samsung Galaxy S21 FE 5G dibanderol dengan harga Rp 8.999.000 untuk varian 8 GB/128 GB dan Rp 9.999.000 untuk varian 8 GB/256 GB.

Kini, berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah lokapasar, smartphone flagship tersebut dijual di kisaran harga mulai dari Rp 7 jutaan.

Meski diluncurkan tahun kemarin, Samsung Galaxy S21 FE 5G tetap layak menjadi pertimbangan untuk dimiliki, khususnya bagi generasi Z yang menginginkan ponsel canggih nan trendi. Terlebih, Samsung juga memberikan pembaruan sistem antarmuka One UI 5.1 pada smartphone tersebut.

Nah, apa saja sih keunggulan Samsung Galaxy S21 FE 5G?

1. Desain mewah dan trendi

Dari aspek desain, Galaxy S21 FE 5G tampil premium dan seamless seperti flagship smartphone pada umumnya berkat desain kekinian bertema Contour-Cut yang ikonik khas Galaxy S21. Desain ini mengintegrasikan casing kamera supaya menyatu dengan kover secara mulus. Hasilnya, penampang kamera menjadi minim tonjolan.

Desain premium dan elegan dari Galaxy S21 FE 5G dipercantik pula dengan warna-warna yang bisa dipilih sesuai selera pengguna, seperti olive, lavender, white, dan graphite.

Baca juga: Riset Canalys: Samsung Galaxy S23 Ultra HP Android Terpopuler di Dunia

Samsung Galaxy S21 FE 5G sendiri memiliki bobot 177 gram. Bobot ini lebih ringan ketimbang seri sebelumnya yang memiliki berat 190 gram. Adapun dimensi ponsel ini sebesar 155,7 x 74,5 x 7,9 mm.

Dengan ukuran yang kompak dan bobot ringan, Samsung Galaxy S21 FE 5G terasa nyaman saat disimpan dalam saku dan dibawa bepergian.

Bingkai Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari aluminium yang solid. Sementara itu, cover belakang ponsel terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing matte.

Bagian tepi Samsung Galaxy S21 FE berbentuk membulat sehingga nyaman dan pas untuk digenggam. Bahan belakangnya terbuat dari bahan plastik, termasuk modul kamera belakang yang terlihat sedikit menonjol.

 

Layar Galaxy S21 FE 5G yang lebar dan imersif untuk bermain game atau konten multimedia. Dok. Samsung. Layar Galaxy S21 FE 5G yang lebar dan imersif untuk bermain game atau konten multimedia.

Desain premium dengan finishing matte terasa cukup kesat saat digenggam. Hal ini membuat ponsel tidak mudah jatuh dari tangan. Finishing ini juga membuat sidik jari tidak mudah menempel di bagian belakang.

Selanjutnya, di sisi kanan, terdapat tombol volume serta power yang bisa digunakan untuk shortcut asisten virtual Bixby. Samsung Galaxy S21 FE juga memiliki laci untuk dua kartu SIM tipe Nano, port USB tipe C, serta satu grill speaker di bagian bawah. Selain di bagian bawah, satu speaker lain terdapat d bagian frame atas bersama mikrofon yang nyaris tidak terlihat.

Sementara di sisi kiri, ponsel terlihat polos tanpa tombol dan di bagian atas terdapat mikrofon dan speaker yang nyaris tidak terlihat.

2. Prosesor lebih kencang

Samsung Galaxy S21 FE 5G menggunakan chipset Samsung, yakni Exynos 2100. Chipset tersebut merupakan prosesor pertama Samsung yang menggunakan proses extreme ultra-violet (EUV) 5 nanometer (nm).

Adapun kinerja CPU Samsung Galaxy S21 FE 5G juga lebih baik jika dibandingkan ponsel Samsung Galaxy A73 5G yang berada pada rentang harga sama. MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan menjelaskan, CPU S21 FE 5G memiliki performa 1,4 kali lebih cepat ketimbang A73 5G.

“Dengan demikian, S21 FE 5G mendukung performa gaming yang lebih baik,” jelasnya.

Keandalan Samsung Galaxy S21 FE 5G dalam bermain game diakui oleh kreator konten Janine Intansari. Untuk mengetes performa gaming, ia mencoba memainkan bermain dua mobile game yang popular, yakni Mobile Legends dan Genshin Impact.

Menurut pengakuannya, Galaxy S21 FE 5G dapat memainkan Mobile Legends dengan mulus ketimbang smartphone lain di rentang harga yang sama. Hal serupa juga berlaku untuk Genshin Impact. Galaxy S21 FE 5G mampu menjalankan Genshin Impact dengan 60 frames per second (fps).

Baca juga: Melihat Aksi Suga BTS di Dalam Minimnya Cahaya dengan Fitur Nightography Samsung Galaxy S23 Ultra

“Efek skill yang dikeluarkan oleh karakter Genshin Impact bisa dilihat dengan mulus,” kata Janine seperti diberitakan Grid.id, Sabtu (2/1/2023).

Skor Antutu Samsung Galaxy S21 FE 5G juga menunjukkan keunggulan performa jika dibandingkan Samsung Galaxy A73 5G.

Berdasarkan pengujian Antutu Benchmark versi 9.4.4, Samsung Galaxy S21 FE 5G mendapat skor 728.085, sedangkan Samsung Galaxy S73 5G dengan skor 508.954.

Dengan harga yang hampir sama, performa chipset Samsung Galaxy S21 FE 5G lebih cepat dan efisien ketimbang Galaxy A73 5G.

3. Dibekali Samsung DeX dan Link to Windows

Tak hanya menonjol pada aspek desain, Samsung Galaxy S21 FE 5G juga membawa berbagai keunggulan yang dimiliki seri Samsung S21 5G. Salah satunya adalah fitur Samsung DeX. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menghubungkan smartphone dengan laptop atau PC tanpa menggunakan USB. Dengan demikian, pengguna dapat memindahkan foto atau video ke laptop dengan mudah.

Selain itu, fitur tersebut juga dapat mengubah fungsi Samsung Galaxy S21 FE 5G menjadi komputer dengan mengubahnya ke mode desktop. Untuk mengaktifkan mode ini, Samsung Galaxy S21 FE 5G harus tersambung dengan monitor atau TV pintar.

Fitur lain yang terdapat pada Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah Link to Windows. Fitur ini membuat semua fungsi smartphone bisa berpindah ke perangkat laptop.

Dengan sebuah aplikasi di Windows, beberapa aplikasi smartphone dapat digunakan di perangkat komputer, seperti foto, notifikasi, messages, apps, serta panggilan. Bahkan, game yang terdapat di Samsung Galaxy S21 FE 5G juga bisa dimainkan di laptop.

4. Punya mode game

Untuk para gamer, Samsung Galaxy S21 FE 5G juga sudah dibekali dengan fitur mode game. Fitur ini membuat respons sentuhan pada layar menjadi lebih cepat. Dengan demikian, pengguna bisa bermain game dengan lebih seamless.

Terlebih, Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki layar panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,4 inci dengan screen ratio berukuran 19,5:9, minim bezel, refresh rate mencapai 120 Hertz (Hz), serta touch sampling rate 240 Hz. Dengan spesifikasi ini, Samsung Galaxy S21 FE 5G dapat memainkan game mobile dengan lancar, seperti PUBG atau Mobile Legends.

5. Fitur kamera kelas flagship

Selayaknya flagship smartphone, Samsung juga menyertakan berbagai fitur kamera dan video canggih untuk menunjang berbagai aktivitas generasi terkini pada Galaxy S21 FE 5G. Dengan fitur Night Mode, pengguna dapat menghasilkan foto low-light berkualitas dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Baca juga: Melihat Senyum Suga BTS Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S21 FE 5G juga mampu menghasilkan foto selfie berkualitas karena kamera depan beresolusi 32 MP dan didukung fitur AI Face Restoration.

Untuk menunjang aktivitas vlogging, Samsung Galaxy S21 FE memiliki fitur Dual Recording. Fitur ini memungkinkan kamera depan dan belakang dapat merekam secara bersamaan.

6. Lindungi privasi pengguna

Sebuah flagship smartphone juga harus mampu melindungi privasi pengguna. Oleh karena itu, Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan fitur keamanan Samsung Knox. Dengan fitur ini, data-data sensitif dan rahasia pengguna tetap aman. Pasalnya, Samsung Knox memastikan setiap lapis perangkat dapat terlindungi secara real-time.

7. Baterai besar, fast charging, dan wireless charging

Untuk pengisian daya, Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh. Ponsel ini juga sudah dibekali fitur fast charging 25 W. Fitur pengisian cepat ini mampu mengisi daya baterai sebesar 50 persen dalam waktu 30 menit dan 75 menit untuk mengisi sampai penuh.

Sama seperti flagship lain, Samsung Galaxy S21 FE 5G juga dilengkapi teknologi pengisian daya nirkabel yang mendukung sampai 15W. Pengguna cukup meletakkan ponsel ke alat wireless charging yang kompatibel dan baterai akan langsung terisi.

 

Galaxy S21 FE 5G dibekali baterai besar dan fitur fast charging.Dok. Samsung. Galaxy S21 FE 5G dibekali baterai besar dan fitur fast charging.

Samsung Galaxy S21 FE juga mendukung powershare nirkabel sehingga bisa digunakan layaknya powerbank ke ponsel, bud, serta smartwatch.

Itulah sejumlah keunggulan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang layak dipertimbangkan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE, kamu bisa mengunjungi laman resmi Samsung.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com