Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Kompas.com - 06/06/2023, 07:12 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple merilis sistem operasi mobile baru untuk perangkat iPhone, yaitu iOS 17 di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang digelar secara online pada Selasa (6/6/2023) dini hari WIB. 

Suksesor iOS 16 ini hadir dengan sejumlah hal baru yang bisa mempermudah pengguna memakai iPhone mereka, untuk kegiatan sehari-hari. Salah satu yang baru adalah aplikasi anyar yang bernama Journal

Journal

Seperti namanya, aplikasi ini nantinya akan menggunakan teknologi machine learning (ML) ponsel untuk memberikan beragam ide tulisan, supaya pengguna bisa mencatat kegiatan mereka sehari-hari di smartphone dengan mudah.

Baca juga: Perhatian! Pemilik iPhone Tahun 2017 ke Atas Wajib Update iOS

Ilustrasi aplikasi Journal di iOS 17.Apple Ilustrasi aplikasi Journal di iOS 17.

Menurut Apple, aplikasi ini bisa memberikan saran dari beberapa kegiatan yang berasal dari aneka aplikasi lainnya macam Photos, Contacts, Music, Podcasts, Workouts, dan masih banyak lagi. 

Standby mode

Selain Journal, ada fitur baru yang bernama Standby Mode. Dengan fitur ini, pengguna bisa menerapkan tampilan layar siaga (standby) yang bisa menampilkan beragam fitur penting ketika ponsel dalam posisi horizontal (landscape).

Baca juga: Pangsa Pasar Android Turun, iOS Merangkak Naik

Tampilan ini akan memenuhi seluruh layar (full screen), dan bisa menampilkan informasi dari beberapa widget seperti Clocks, Photos, Weather, Home Controls, dan lain sebagainya. 

Untuk kemudahan pengguna, Standby Mode juga mendukung fitur Live Activities dan input suara Siri. 

Ilustrasi fitur Standby Mode di iOS 17.Apple Ilustrasi fitur Standby Mode di iOS 17.

Autocorrect lebih pintar

Di samping Journal dan Standby Mode, iOS 17 juga hadir dengan sejumlah pembaruan di beberapa aplikasi yang sudah ada sebelumnya mencakup fitur autocorrect di keyboard yang ditingkatkan.

NameDrop

AirDrop di iOS 17 kini bisa digunakan untuk mengirim kontak. Teknologi ini dinamakan NameDrop.

Pengguna dapat mengirim Contact Poster yang dipersonalisasi dengan alamat e-mail dan nomor telepon yang dipilih, ke orang lain hanya dengan mendekatkan dua iPhone. NameDrop juga mendukung Apple Watch.

Foto dan video juga dapat dibagikan dengan cara yang sama. Dan jika pengguna menerima file besar melalui AirDrop, mereka kini dapat keluar dari jangkauan AirDrop, dan download file akan dilanjutkan melalui Wi-Fi.

Siri tanpa "Hey"

Pengguna iPhone kini bisa memanggil asisten virtual Siri dengan lebih cepat. Sekarang, alih-alih mengatakan "Hei, Siri", pengguna cukup mengatakan "Siri" saja.

Untuk lebih mempermudah, pengguna sekarang dapat memberikan perintah Siri back-to-back tanpa harus mengucapkan "Siri" setiap kali ingin memberi input yang baru.

FaceTime Voicemail

Lalu, Apple juga menghadirkan fitur FaceTime Voicemail yang memungkinkan pengguna mengirimkan video singkat ke pengguna lainnya supaya panggilan video (video call) alias FaceTime mereka diangkat. 

Fitur FaceTime Voicemail di iOS 17.Apple.com Fitur FaceTime Voicemail di iOS 17.

Selain Phone, Apple juga memperbarui aplikasi iMessages yang kini mendukung fitur transkrip pesan suara, fitur pencarian pesan dan berbagi lokasi yang lebih pintar, fitur emoji yang kini diganti dengan stickers, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Aplikasi iPhone Disebut Lebih Baik dari Android, Ini Alasannya

Halaman:
Baca tentang
Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com