Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Kompas.com - 06/06/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ajang tahunan temu developer WWDC 2023 telah digelar Apple secara daring pada Selasa dini hari (6/6/2023). Di WWDC 2023, seperti kebiasaan tahun sebelumnya, Apple kembali memperkenalkan beberapa produk terbaru.

Salah satunya adalah sistem operasi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 17. Penerus resmi iOS 16 itu dibekali sejumlah fitur baru yang secara umum tampaknya berfokus pada peningkatan pengalaman berbagi dan berkomunikasi.

Baca juga: Tak Usah Ditunggu, iPhone Ini Gak Bakal Dapat Update iOS 17

Lantas, apa saja fitur iOS 17? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan daftar fitur iOS 17 terbaru yang bakal hadir, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Daftar fitur iOS 17 yang bakal hadir di iPhone

1. Poster kontak

Ilustrasi fitur poster kontak.Apple Ilustrasi fitur poster kontak.

Fitur iOS 17 yang pertama adalah poster kontak. Lewat fitur ini, pengguna dapat membuat poster atau gambar untuk merepresentasikan dirinya yang dapat muncul di layar ponsel pengguna lain ketika ditelepon.

2. Live Voicemail

Ilustrasi fitur Live Voicemail di iOS 17.Apple Ilustrasi fitur Live Voicemail di iOS 17.

Kedua, terdapat fitur Live Voicemail. Di iOS 17, ketika seseorang meninggalkan Voicemail, pengguna bisa langsung melihat transkrip atau salinan teks dari suara orang tersebut di layar iPhone dan berkesempatan untuk membalas pesan dari orang itu.

3. Berbagi file AirDrop secara online

Fitur iOS 17 yang berikutnya terdapat pada tindakan berbagi file AirDrop. Di iOS 17, pengguna bisa berbagi file melalui AirDrop meski perangkat tak berdekatan. Ketika perangkat berjauhan, transfer file AirDrop tetap bisa berjalan via internet atau online.

4. NameDrop buat berbagai informasi kontak

Ilustrasi NameDrop.Apple Ilustrasi NameDrop.

Fitur iOS 17 selanjutnya adalah NameDrop. Melalui fitur ini, antar pengguna bisa saling membagikan informasi kontaknya hanya dengan mendekatkan iPhone. Ketika iPhone didekatkan, informasi kontak bakal muncul dan bisa disimpan oleh antar pengguna.

Baca juga: Selamat Tinggal Hey Siri, Ini Cara Baru Panggil Asisten Virtual Apple

5. Membuat stiker bergerak di iMessage

iOS 17 membawa sejumlah pembaruan pada iMessage. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat stiker dari objek foto yang terseleksi. Kemudian, stiker tersebut bisa dibuat supaya menjadi stiker bergerak.

6. Transkrip pesan audio di iMessage

Selain stiker bergerak, iMessage di iOS 17 juga dibekali dengan fitur baru transkrip pesan audio. Lewat fitur ini, pengguna bisa langsung melihat transkrip atau salinan teks dari pesan audio yang dikirimkan di iMessage.

6. Check-in di iMessage

Fitur Check-in di iMessage iOS 17.Apple Fitur Check-in di iMessage iOS 17.

iMessage di iOS 17 dibekali pula dengan fitur keselamatan bernama Check-in. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi bahwa pengguna lain, seperti anggota keluarga, saudara, atau teman, telah sampai di lokasi tujuan dengan selamat.

Saat pengguna lain telah sampai di lokasi tujuan, pengguna bakal mendapatkan notifikasi secara otomatis. Bila tidak kunjung sampai, pengguna bakal dibagikan beberapa informasi penting, seperti lokasi perangkat terkini, tingkat baterai, dan status layanan seluler.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com