Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Chat WhatsApp Bisa Diedit setelah Terkirim, Begini Caranya

Kompas.com - 06/06/2023, 18:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan ini, linimasa media sosial seperti Twitter diramaikan dengan pembicaraan pengguna mengenai chat di aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) yang bisa diubah atau diedit, padahal chat tersebut sudah dikirim.

Salah satu keramaian pembicaraan pengguna mengenai chat WA bisa diedit setelah terkirim itu dapat dilihat melalui twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Trik agar Chat WhatsApp Web Tak Diintip Teman Saat Kerja Bersebelahan

Pada twit di atas, pengirim mengaku bahwa chat WA kini bisa diedit sembari menyertakan tangkapan layar untuk memperkuat pengakuan itu.

Melihat keramaian pembicaraan di media sosial ini, tindakan edit chat seperti yang disampaikan pada twit tersebut, sejatinya merupakan fitur bawaan yang baru dirilis pada aplikasi WhatsApp.

Berdasarkan catatan KompasTekno, fitur edit chat WA telah diumumkan kehadirannya oleh Meta (induk perusahaan WhatsApp) sejak 22 Mei lalu. Namun, saat awal diumumkan, fitur ini tampaknya belum tersebar merata ke semua pengguna.

Fitur edit chat WA mungkin baru mulai tersebar ke banyak pengguna beberapa hari terakhir ini, sehingga jadi ramai dibicarakan belakangan.

Lantas, bagaimana cara edit chat WA yang sudah dikirim seperti yang tengah ramai dibicarakan di media sosial? Bila tertarik untuk mencobanya juga, berikut adalah penjelasan mengenai cara edit chat WA yang sudah dikirim dengan mudah.

Cara edit chat WA yang sudah dikirim

  • Buka ruang obrolan pribadi atau grup di aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, ketik dan kirim chat di ruang obrolan tersebut.
  • Setelah itu, klik dan tahan beberapa detik bubble chat yang terkirim di ruang obrolan.
  • Lalu, klik opsi “Edit”. Opsi ini bila di aplikasi WhatsApp iOS terletak dalam pop up menu, sedangkan di aplikasi WhatsApp Android terletak dalam ikon titik tiga.
  • Masukkan kata-kata atau kalimat baru untuk menggantikan pesan yang sebelumnya telah terkirim.
  • Terakhir, kirim pesan baru hasil editan tersebut ke ruang obrolan.

Ilustrasi cara edit chat WA yang sudah dikirim.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara edit chat WA yang sudah dikirim.

Kini, pengguna berhasil edit chat WA yang sudah dikirim. Cukup mudah bukan cara edit chat WA yang sudah dikirim? Sebagai informasi tambahan, chat hanya bisa diedit setelah 15 menit terkirim. Bila chat sudah terkirim lebih dari batas waktu itu maka tak bisa lagi diedit.

Kemudian, pesan atau chat yang telah diedit bakal meninggalkan jejak. Di bubble chat pesan yang telah diedit, bakal muncul label “diedit”. Dengan label tersebut, pengguna lain sebagai penerima chat bisa mengetahui bahwa pesan yang dikirim pengguna telah diedit.

Selanjutnya, untuk diketahui pula, KompasTekno sudah mendapatkan fitur ini di aplikasi WhatsApp Android versi 2.23.10.77 dan di aplikasi WhatsApp iOS versi 23.10.77. Bila belum mendapatkannya, kemungkinan masih digelontorkan secara bertahap. Jadi, ditunggu saja.

Baca juga: Cara Mengatur Foto Profil WhatsApp agar Tidak Mudah Dicuri Penipu buat Scam

Demikianlah penjelasan mengenai cara edit chat WA yang sudah dikirim seperti yang ramai dibicarakan di media sosial akhir-akhir ini, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com