Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fitur iOS 17 yang Sudah Ada Duluan di Android, Salah Satunya sejak 2012

Kompas.com - 06/06/2023, 19:24 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple mengumumkan sistem operasi iOS 17 dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) yang digelar secara online Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

Dibandingkan versi sebelumnya iOS 16, iOS 17 hadir dengan sejumlah fitur baru dan aplikasi anyar, seperti Journal, fitur baru Standby Mode, NameDrop, Live Speech, Facetime Voicemail, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, ada beberapa fitur iOS 17 yang sebenarnya bukan hal baru. Sebab, fitur-fitur tersebut sudah ada lebih dulu di beragam ponsel Android. Bahkan salah satunya sudah ada sejak 2012. 

Fitur apa saja? Berikut ini delapan fitur iOS 17 yang sudah ada lebih dulu di ponsel Android duluan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Selasa (6/6/2023). 

Baca juga: iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

1. Standby Mode

iOS 17 menghadirkan mode baru yaitu Standby Mode. Dengan mode ini, pengguna bisa melihat beragam informasi dan widget penting ketika ponsel berada pada mode layar siaga (standby) dengan posisi horizontal (landscape)

Tampilan ini sendiri akan muncul ketika iPhone diletakkan di pengisi daya nirkabel (wireless) charging pad secara landscape.

Meski baru, fitur ini sudah ada di Android lewat Pixel Stand 2 yang dirilis pada akhir 2021 lalu. Aksesori ini memungkinkan ponsel Google Pixel menampilkan beragam informasi hal penting lainnya dalam mode standby ketika dayanya sedang diisi.

2. Live Voicemail

iOS 17 hadir dengan fitur Live Voicemail untuk melakukan transkrip terhadap beragam pesan suara yang masuk. Di Android, fitur serupa sudah diperkenalkan sejak 2019 lalu dengan nama Call Screen.

Fitur tersebut, yang hanya mendukung beberapa ponsel Google Pixel, memungkinkan asisten digital Google Assistant menjawab telepon yang masuk secara otomatis dan merekam suara si penelepon untuk merekam pesan kepada orang yang diteleponnya.

Lalu, Call Screen akan melakukan transkrip terhadap pesan tersebut, sehingga pengguna yang tak sempat mengangkat panggilan ini tahu apakah mereka harus segera menelepon balik atau tidak. 

3. Memanggil asisten digital cukup sekali 

Selamat tinggal Hey Siri. Lewat iOS 17, pengguna cukup mengucapkan Siri untuk memberikan perintah.Apple Selamat tinggal Hey Siri. Lewat iOS 17, pengguna cukup mengucapkan Siri untuk memberikan perintah.
Lewat iOS 17, asisten digital Siri kini bisa diperintah melakukan berbagai hal dengan hanya sekali panggilan "Hey Siri" atau "Siri" saja.

Artinya, pengguna bisa melakukan perintah secara terus-menerus (back-to-back commands) tanpa harus mengulang frasa tersebut. 

Di ponsel Android, fitur serupa sudah hadir sejak 2019 lalu, bahkan sejak 2017 lalu di perangkat Android TV. 

Baca juga: Selamat Tinggal Hey Siri, Ini Cara Baru Panggil Asisten Virtual Apple

4. Live Speech

iOS 17 memiliki Live Speech, sebuah fitur baru yang bisa merespons panggilan yang masuk dengan pesan singkat yang berasal dari input suara.

Namun, fitur serupa sudah hadir di ponsel Android beberapa bulan lalu, tepatnya melalui fitur Bixby Text Calling di ponsel Android Samsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com