Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Headset AR Apple, Vision Pro Meluncur | 7 Smartphone Android yang Akan Rilis Bulan Ini

Kompas.com - 07/06/2023, 06:48 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apple baru saja menggelar hajatan kumpul developer tahunan, yakni Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023. Dalam acara ini, ada banyak produk yang diumumkan perusahaan asal Cupertino, AS itu.

Salah satu yang menarik adalah headset AR pertama Apple, yakni Vision Pro. Selain Vision Pro, Apple juga mengumumkan produk lain, yakni iOS 17. Update iOS kali ini membawa sejumlah fitur baru, salah satunya adalah Standby Mode.

Berita peluncuran Vision Pro dan iOS 17 menjadi artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.
Artikel lain yang juga menjadi sorotan adalah prediksi tujuh smartphone Android yang akan meluncur bulan ini.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone | Konsumen Tak Bisa Beli HP Realme di Situs Resmi Sebulan ke Depan

Headset AR Apple Vision Pro meluncur

Setelah rumornya santer terdengar, akhirnya headset AR pertama Apple resmi meluncur.
Headset tersebut diberi nama Vision Pro, yang diperkenalkan di ajang WWDC 2023.

Berbeda dengan headset AR atau VR (virtual reality) yang sudah ada di pasaran, Apple Vision Pro hadir dengan kacamata (disebut Light Seal) yang transparan, alias mirip dengan kacamata "reguler" pada umumnya, sehingga terlihat lebih manusiawi saat digunakan.

Maksud dari manusiawi, pengguna bisa melihat kondisi asli lingkungan dan orang lain yang ada di sekitar mereka ketika mengenakan headset AR ini.

Biasanya, headset AR atau VR pada umumya memiliki bagian depan yang sepenuhnya ditutupi oleh lapisan cangkang perangkat, sehingga mata pengguna tidak akan terlihat.

Tampilan dan fitur-fitur Apple Vision Pro bisa disimak di artikel "Vision Pro Resmi, Headset AR Pertama Apple yang Manusiawi".

iOS 17 meluncur

iOS 17.Apple iOS 17.

Selain Vision Pro, Apple juga mengumumkan iOS 17 di ajang WWDC 2023. Suksesor iOS 16 ini hadir dengan sejumlah hal baru yang bisa mempermudah pengguna memakai iPhone mereka, untuk kegiatan sehari-hari.

Salah satunya adalah aplikasi baru bernama "Journal". Seperti namanya, aplikasi ini nantinya akan menggunakan teknologi machine learning (ML) ponsel untuk memberikan beragam ide tulisan, supaya pengguna bisa mencatat kegiatan mereka sehari-hari di smartphone dengan mudah.

Ada pula fitur lain, yakni Standby mode yang memungkinkan pengguna menerapkan tampilan siaga (standby) yang bisa menampilkan beragam fitur penting ketika ponsel berada di posisi horizontal (landscape).

Fitur baru iOS 17 lainnya bisa disimak di artikel "iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode".

Selain Vision Pro dan iOS 17, produk baru Apple lain yang meluncur di ajang WWDC bisa disimak di beberapa artikel berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com