Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17 Sudah Bisa Dijajal Duluan Tanpa Bayar, Kok Bisa?

Kompas.com - 07/06/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi merilis sejumlah sistem operasi terbarunya untuk iPhone, iOS 17 pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023 pekan ini. 

Biasanya, versi iOS terbaru, termasuk untuk sistem operasi Apple lain macam iPadOS, watchOS, dan macOS langsung bisa dijajal oleh para pengembang aplikasi (developer) setelah peluncurannya selesai, dalam versi Developer Beta.

Namun, hal ini hanya berlaku bagi mereka yang membayar layanan Apple Developer Program senilai 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta).

Meski demikian, mulai WWDC 2023, Apple tampaknya mengubah kebijakan Apple Developer Program berbayar tersebut.

Baca juga: 10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Pasalnya, kini semua orang, termasuk mereka yang tidak terdaftar di Apple Developer Program, sudah bisa menjajal iOS 17 versi Developer Beta tanpa harus membayar di situs developer.apple.com. 

Pembaruan informasi ini sendiri tercantum di laman dukungan (Support) Apple Developer Program yang bisa dibaca di tautan berikut ini.

Dalam laman itu, disebutkan bahwa pengguna sekarang bisa menjajal iOS 17 versi Developer Beta hanya dengan login menggunakan Apple ID mereka saja, tidak perlu berlangganan Apple Developer Program. 

Ilustrasi perbedaan benefit akun Apple ID gratisan dengan langganan Apple Developer Program.Apple Ilustrasi perbedaan benefit akun Apple ID gratisan dengan langganan Apple Developer Program.

Dengan adanya kebijakan terbaru tersebut, pengguna yang tak sabaran menjajal fitur-fitur terbaru di iOS 17 kini tak perlu lagi menunggu hingga Juli mendatang untuk iOS 17 versi Public Beta, atau beberapa bulan ke depan untuk versi Final. 

Cara download iOS 17 Developer Beta

Nah, untuk menjajal iOS 17 Developer Beta, pengguna harus terdaftar dulu dalam situs Apple Developer dengan masuk (login) memakai Apple ID melalui tautan berikut ini.

Baca juga: 8 Fitur iOS 17 yang Sudah Ada Duluan di Android, Salah Satunya Sejak 2012

Setelah itu, pengguna bisa mengunduh iOS 17 versi Developer Beta secara gratis lewat langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Selasa (7/6/2023).

  • Pertama-tama, buka aplikasi pengaturan (Settings).
  • Lalu, pilih menu "General" dan "Software Update".
  • Setelah itu, pergi ke tab "Beta Updates"  dan pilih "iOS 17 Developer Beta" dari opsi yang tersedia.
  • Terakhir, kembali ke laman "Software Update" dan download iOS 17 Developer Beta 1.

Perlu dicatat, sama seperti versi iOS sebelumnya dengan edisi yang sama, iOS 17 edisi Developer Beta ini kemungkinan besar masih dijejali dengan banyak masalah (bug) dan error yang bisa ditemui kapan saja.

Artinya, Anda tidak disarankan untuk mengunduh pembaruan iOS 17 Developer Beta apabila tidak mau ada masalah performa atau hal-hal lain terkait dengan software iPhone Anda. 

Hal ini terbilang wajar karena edisi ini memang ditujukan khusus para pengembang aplikasi supaya mereka menemukan bug yang ada di versi iOS terbaru.

Dengan begitu, bug tersebut bisa diperbaiki Apple sebelum nantinya iOS 17 versi public beta atau final resmi dirilis ke publik. 

Namun jika Anda  tidak masalah dengan potensi munculnya banyak bug di iPhone Anda, maka Anda bisa mengunduh pembaruan iOS 17 Developer Beta secara langsung dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com