Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Fitur NameDrop untuk iPhone, Kirim Kontak Lebih Mudah

Kompas.com - 07/06/2023, 09:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan sistem operasi mobile baru untuk perangkat iPhone, yaitu iOS 17. Kehadiran sistem operasi ini diumumkan lewat ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

Salah satu fitur teranyar yang tersedia di iOS 17 adalah NameDrop, yang pada dasarnya merupakan peningkatan dari fitur AirDrop sebelumnya, yakni fitur pengiriman file atau data antar-perangkat Apple secara nirkabel (wireless).

Dengan NameDrop, pengguna iPhone dengan iOS 17 dapat mengirim kontak dengan mudah ke pengguna iPhone lainnya. Karena sebelumnya, pengguna yang ingin mengirim kontak melalui AirDrop harus melalui cara yang panjang.

Baca juga: Apa itu AirDrop di iPhone? Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakannya

Mereka perlu membuka daftar kontak terlebih dahulu, mencari kontak yang ingin dibagikan, baru mengirimkannya lewat e-mail atau AirDrop.

Dalam mekanisme baru NameDrop ini, pengguna tinggal mendekatkan dua iPhone. Begitu didekatkan, pengguna bakal melihat "Contact Poster" yang sudah dipersonalisasi sedemikian rupa, lengkap dengan alamat e-mail dan nomor telepon yang dipilih.

Mereka pun tinggal mengetuk tombol "Share" untuk menukar kontak pribadi.

"Contact Poster" itu sendiri merupakan fitur baru iOS 17 lainnya yang memungkinkan pengguna untuk merancang poster kontaknya dengan berbagai foto, emotikon Memoji, dan tipografi.

Poster pengguna akan muncul di perangkat pribadi ketika ingin menggunakan fitur "NameDrop", atau di perangkat orang lain ketika menerima telepon dari pengguna.

Tidak dibatasi pada iPhone saja, fitur ini dapat digunakan pula dengan mendekatkan iPhone dan arloji pintar Apple Watch.

Baca juga: 10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Pengguna kini juga bisa mengirimkan konten seperti video dan foto lewat AirDrop dengan mendekatkan dua iPhone.

Dan jika pengguna menerima file besar melalui fitur tersebut, mereka kini bisa keluar dari jangkauan AirDrop, dan download file akan dilanjutkan melalui Wi-Fi.

Hal ini berbeda dengan AirDrop versi lawas yang mengharuskan pengguna tetap dalam jangkauan sembilan meter dari perangkat yang sedang mengirimkan file.

Selain untuk mengirim konten, gestur mendekatkan dua iPhone dapat dimanfaatkan untuk fitur SharePlay.

Dengan SharePlay, pengguna bisa mendengar lagu, menonton video, atau memainkan game bersama pengguna lainnya dalam lokasi yang berdekatan.

Setiap aplikasi yang mendukung SharePlay secara otomatis mendukung gestur yang praktis itu.

Halaman:
Sumber YouTube
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com