Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, CEO Baru Twitter Linda Yaccarino Mulai Bertugas

Kompas.com - 07/06/2023, 10:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Pada pertengahan Mei lalu, pemilik Twitter, Elon Musk, menunjuk mantan Kepala Periklanan dan Kemitraan Global di NBC Universal, Linda Yaccarino sebagai Chief Executive Officer (CEO) baru Twitter. 

Dalam sebuah twit, Musk mengatakan bahwa Linda akan mulai bekerja sebagai CEO Twitter enam minggu sejak twit tersebut.

Kala itu, Musk mengumumkan Linda sebagai CEO Twitter pada 12 Mei 2023, sehingga enam minggu dari tanggal tersebut adalah sekitar akhir Juni 2023. Meski demikian, hari pertama Linda bekerja sebagai CEO Twitter tampaknya dipercepat.

Pasalnya, ia, dalam sebuah unggahan lewat akun Twitter resmi @lindayacc, mengumumkan bahwa mulai pekan ini, tepat pada Senin (5/6/2023), ia resmi bertugas di Twitter. 

"Rencana menjadi kenyataan, ini adalah hari pertama saya (di Twitter)!," tulis Linda melalui akun Twitter-nya, dikutip KompasTekno, Rabu (7/6/2023). 

Baca juga: Profil Linda Yaccarino, CEO Twitter Baru Pengganti Elon Musk

Tidak disebutkan apa tugas perdana Linda sebagai CEO Twitter. Ia hanya menyebut bahwa para pengguna Twitter harus bersabar untuk hal-hal baru yang akan hadir di Twitter dalam masa yang akan datang. 

Sebelumnya, Musk mengatakan bahwa Linda akan bertanggung jawab atas semua bisnis dan operasional Twitter, sembari melakukan transformasi Twitter menjadi platform "X".

Kabarnya, X adalah sebuah platform dengan segudang fitur yang menawarkan layanan pengiriman pesan (messaging), alat pembayaran, pesan-antar makanan, dan ride sharing. Jika dibayangkan, platform ini akan mirip dengan WeChat di China.

Profil Linda Yaccarino, pendidikan, dan karir

Linda Yaccarino, ketua periklanan global dan kemitraan di NBCUniversal, yang dikabarkan menjadi CEO Twitter yang baruVariety Linda Yaccarino, ketua periklanan global dan kemitraan di NBCUniversal, yang dikabarkan menjadi CEO Twitter yang baru

Linda Yaccarino merupakan eksekutif bidang periklanan berpengalaman. Ia merupakan alumni jurusan Liberals Arts, Tellecomuniation di Penn State University.

Dilansir dari halaman LinkedInnya, ia memulai karier di Turner Entertainment pada Januari 1992 hingga November 2011.

Di sana ia menjabat sebagai Executive Vice President/COO di bagian Penjualan Iklan, Pemasaran, dan Akuisisi. Linda Yaccarino dianggap sebagai sosok berpengaruh karena mampu menghadirkan penjualan iklan ke jaringan digital.

Hampir 20 tahun berkarir di Turner Entertainment, ia mengundurkan diri dan mulai berkarier di NBC Universal Media hingga Mei 2023. Di sini kinerjanya semakin mengalami peningkatan.

Baca juga: Elon Musk Umumkan Resign dari CEO Twitter, Saham Tesla Langsung Naik

Pada tahun pertama di 2011, ia menjabat sebagai President Cable Entertainment dan Penjualan Iklan Digital.

Selanjutnya beralih menjadi Ketua, Kemitraan Periklanan dan Klien Kemitraan pada 2012 hingga meningkat menjadi Ketua, Periklanan & Kemitraan Global sejak 2020 sampai Mei 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com