Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17 Beri Peringatan Jika Pengguna Terima Konten Vulgar

Kompas.com - 07/06/2023, 13:28 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk iPhone, yakni iOS 17, dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023 pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

Sebagai penerus dari iOS 16, sistem operasi ini tentunya datang dengan sejumlah kebaruan dan peningkatan. Dalam pengumuman yang disampaikan, Apple melakukan peningkatan fitur keamanan bagi pengguna iOS 17.

Fitur tersebut bernama Sensitive Content Warning. Seperti namanya, fitur ini bakal mengirim notifikasi peringatan kepada pengguna, apabila sistem mendeteksi adanya gambar atau video sensitif yang tidak ingin dilihat.

Baca juga: Tak Usah Ditunggu, iPhone Ini Gak Bakal Kebagian iOS 17

Sensitive Content Warning dirancang untuk mendeteksi foto dan video sensitif, misalnya konten vulgar, atau konten yang tidak diinginkan.

Apabila pengguna iPhone menerima konten bernuansa sensitif seperti ini, iOS 17 bakal langsung menampilkan peringatan yang memenuhi layar perangkat.

Peringatan tersebut berisikan pertanyaan seperti “This could be sensitive. Are you sure want to view?” (Konten ini terdeteksi sensitif. Apakah Anda yakin ingin melihatnya?). Berikut adalah ilustrasi tampilannya.

Tampilan fitur Fitur Sensitive Content Warning di iOS 17Apple Tampilan fitur Fitur Sensitive Content Warning di iOS 17

Di bagian bawah pertanyaan terdapat tiga poin. Pertama, foto dan video akan dideteksi sebagai foto vulgar jika menampilkan beberapa bagian tubuh yang sifatnya privat.

Poin kedua, alasan Apple memberi peringatan konten sensitif karena hal tersebut dinilai dapat menyakiti atau mengganggu kenyamanan pengguna. Poin ketiga adalah orang yang muncul dalam gambar kemungkinan tidak ingin dilihat karena konten tersebut disebar tanpa adanya izin.

“Ini bukan salah Anda, tetapi foto dan video vulgar bisa dimanfaatkan untuk menyakiti Anda. Orang yang muncul di dalam gambar mungkin tidak ingin dilihat karena gambar disebar tanpa adanya izin,” papar Apple.

Pengguna bakal ditawarkan tiga pilihan jawaban. Pilihan tersebut terdiri dari Not Now (tidak sekarang), Ways to Get Help (mencari bantuan), dan I’m Sure (saya yakin ingin melihatnya).

Nah, dikarenakan iOS 17 masih belum digelontorkan secara publik, belum dapat diketahui alternatif atau solusi apa yang ditawarkan jika pengguna mengeklik jawaban “Ways to Get Help”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (7/6/2023).

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17

Apple pun belum merinci lebih lanjut apakah fitur Sensitive Content Warning dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai keinginan pengguna.

Kehadiran fitur menjadi kabar baik bagi pengguna iPhone yang menjunjung nilai keamanan dan privasi.

Merujuk pada agenda Apple, iOS 17 sudah tersedia bagi para pengembang yang terdaftar dalam Apple Developer Program per hari ini, Selasa (6/6/2023). Sementara itu, iOS 17 versi Public Beta (uji coba di luar pengembang) bakal tersedia per Juli 2023.

Kemudian, iOS 17 versi final (digulirkan untuk semua pengguna iPhone yang mendukung) kemungkinan bakal dirilis sekitar musim gugur, atau tepatnya September hingga November 2023 mendatang.

Untuk lebih jelasnya terkait daftar iPhone yang kebagian iOS 17 dan fitur apa yang dibawakan oleh Apple, bisa simak di artikel “Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com