Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Telkomsel Bawa Materi Agrikultur ke NextDev Summit

Kompas.com - 07/06/2023, 17:15 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang konferensi tahunan Telkomsel The NextDev Summit 2023 digelar di M Bloc Space, Jakarta Selatan, pada Rabu (7/6/2023).

Acara tersebut merupakan wadah bagi perusahaan rintisan (startup) untuk mengembangkan bisnisnya agar dapat memberikan dampak yang positif terhadap sosial dan lingkungan.

Setiap peserta NextDev, alias pelaku usaha, bakal menjalani sejumlah proses pembelajaran dan inkubasi selama beberapa bulan.

Materi yang disampaikan bakal terdiri dari empat trek utama, yaitu Gaming, Health and Education, Tourism and Creative Economy, dan Green and Clean Tech.

Keempat trek tersebut akan menyesuaikan fokus dari bisnis yang tengah dikembangkan para pelaku usaha. Namun tahun depan, Telkomsel akan membawa trek baru ke NextDev Summit.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono, The NextDev tahun depan bakal menghadirkan trek agrikultur.

Baca juga: Telkomsel NextDev Summit 2023 Dibuka, Ajang Temu Startup dan Investor

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki industri agraria yang cukup luas dan punya potensi yang tinggi. Dengan melahirkan trek pembelajaran yang baru, diharapkan para pelaku startup dapat menyelesaikan masalah yang ada terkait agrikultur.

"Indonesia adalah negara agraria dan negara nesar. Jika (pelaku usaha) punya produk dan solusi untuk distribusi pasar, ini akan sejalan dengan DFE (Digital Food Ecosystem) yang diharapkan dapat memajukan industri agraria dan memyelesaikan masalah yang ada," ujar Saki.

"Masalah yang ada ini mulai dari rantai (makanan) dari satu tempat ke tempat lain. Distribusi yang panjang ini ingin kita persingkat untuk memberikan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau," pungkas Saki.

Selain mempersingkat jalur distribusi bahan makanan, solusi lain yang bakal dilakukan adalah membantu petani lokal melakukan pemupukan menggunakan teknologi dan memantau waktu panen tumbuhan menggunakan barcode.

Alasan itulah yang mendasari Telkomsel The NextDev menghadirkan trek agrikultur yang baru kepada para pelaku usaha di tahun depan.

Senada dengan Saki, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso juga mengatakan Telkomsel tengah berkolaborasi dengan petani lokal untuk mulai mengadopsi teknologi di bidang agrikultural.

"Corporate Social Responsibility (CSR) akan mendukung karena itu pengembangan teknologi di bagian agrikultur. Pada 26 Juni akan ada panen raya di Bantul. Kami akan berkolaborasi dengan sekelompok tani lokal untuk melakukan pemupukan lewat teknologi," ujar Andry dalam sesi tanya jawab bersama awak media.

Baca juga: NextDev Summit 2023 Akan Fokus Pada Pengembangan Bisnis Startup

Tantangan NextDev Summit 2023

(kiri-kanan) Manager CSR Education and Public Community Development Telkomsel Hadi Sucipto, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso dalam acara pembukaan The NextDev Summit 2023 di M Bloc Space, Jakarta Selatan pada Rabu (7/6/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (kiri-kanan) Manager CSR Education and Public Community Development Telkomsel Hadi Sucipto, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso dalam acara pembukaan The NextDev Summit 2023 di M Bloc Space, Jakarta Selatan pada Rabu (7/6/2023)

Seperti yang disebut di atas, program NextDev berfokus untuk memfasilitasi kolaborasi dan mendorong kemajuan ekosistem digital Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com